Share

Tata Cara dan Doa Berwudhu

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 22 Januari 2022 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 22 614 2536142 sempurnakan-wudu-dengan-memahami-6-rukunnya-CEKU7Q9u4w.jpg Memahami rukun wudu (Foto: Freepik)
A A A

JAKARTA - Wudhu harus dilakukan dengan tenang dan sempurna. Bagi umat yang ingin menjalankan kewajibannya ini adalah hal penting, sebab merupakan syarat sah sholat.

Terkait perintah wudhu sebelum sholat, Allah SWT berfirman dalam Alquran:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فاغْسِلُواْ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُواْ بِرُؤُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَين

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah wajahmu, dan tanganmu sampai dengan siku, dan usaplah kepalamu, dan basuhlah kakimu sampai kedua mata kaki." (QS. Al-Maidah: 6).

Baca JugaWudu di Kamar Mandi, Bagaimana Hukumnya?

Imam Syafii dalam Kitab al Ghayah wa at-Taqrib karya Imam Abu Syuja' (wafat 593 Hijriah) dan Kitab Safinatun Najaah karya Syekh Salim bin Sumair al Hadhrami (wafat 1271H) menjelaskan rukun-rukun wudhu, yakni:

وفروض الوضوء ستة أشياء: النية عند غسل الوجه وغسل الوجه وغسل اليدين مع المرفقين ومسح بعض الرأس وغسل الرجلين إلى الكعبين والترتيب على ما ذكرناه

"Fardu wudhu ada enam: (1) Niat saat membasuh wajah, (2) Membasuh wajah, (3) Membasuh kedua tangan dan juga kedua siku, (4) Mengusap sebagian kepala, (5) Membasuh kedua kaki dan juga kedua mata kaki, (6) Tertib.

Mari diperhatikan tata cara berwudhu:

1. Niat,

2. Membasuh kedua telapak tangan hingga sela jari (3x),

3. Berkumur bersamaan dengan menghirup air dengan hidung (3x),

4. Membasuh wajah (3x),

5. Membasuh kedua tangan sampai siku (3x) diawali dari kanan,

6. Membasuh kepala dan rambut (3x),

7. Membasuh sisi dalam dan luar telinga (3x) boleh berbarengan,

8. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki serta ruas jari kaki (3x) diawali dari kanan,

9. Tertib,

10. Sempurnakan dengan doa setelah wudu:

أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له.وأشهد أن محمد عبده ورسوله. اللهم اجعلني من التوابين، واجعلني من المتطهرين، وجعلني من عبادك الصالحين.

"Asyhadu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariika lah. wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu warasuuluh. allahummaj'alnii minattawwaabiin, waj'alnii minal mutathahhiriin waj'alnii min 'ibadikash shaalihiin."

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagi-Nya. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya."(HR Muslim 1/209).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini