Share

Cegah Sakit Jantung, Terapkan Pola Makan ala Rasulullah Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 330 2536710 cegah-sakit-jantung-terapkan-pola-makan-ala-rasulullah-ini-BCPvaAzJXt.jpg Ilustrasi pola makan sehat ala Rasulullah. (Foto: Pvproductions/Freepik)
A A A

PENYAKIT yang menyerang manusia disebabkan kondisi tubuh sedang mengalami masalah. Kemudian bisa akibat mengonsumsi makanan secara sembarangan. Misalnya, seseorang terkena sakit jantung, salah satu caranya adalah menghindari peningkatan kolesterol dan obesitas.

Biasanya penyakit jantung dikarenakan peningkatan kolesterol akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. Sedangkan obesitas adalah terjadinya kegemukan secara berlebihan dan berpotensi darah tinggi hingga serangan jantung.

Baca juga: Siasat Aneh Abu Nawas Supaya Tak Dimasak Jadi Bubur, Kok Malah Korbanin Raja? 

Bukan hanya dari pakar gizi yang mengimbau supaya manusia selalu menerapkan pola hidup sehat. Seperti dikutip dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr Nadiah Thayyarah, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menganjurkan setiap Muslim agar menjaga keseimbangan pola makan.

Berdasarkan hadis riwayat Imam At-Tirmidzi, diriwayatkan dari sahabat Ibnu Umar, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Seorang laki-laki bersendawa di hadapan Rasulullah. Beliau lalu berkata, 'Hentikan sendawamu itu dari kami, karena orang yang paling banyak kenyang di dunia, ia akan menjadi orang yang paling lama laparnya di hari kiamat'."

Baca juga: Berkat Sedekah Jumat, Suami Istri Selamat dari Kecelakaan Maut Balikpapan 

Ini berarti makan berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun tidak menyukai orang yang terlalu kenyang (makan), lalu bersendawa di depan orang lain karena dianggap tidak sopan.

Berdasarkan riwayat dari Ibunda Aisyah Radhiyallahu anha, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Petaka pertama di tengah umat ini setelah zaman Nabi adalah kekenyangan. Ketika perut satu kaum kenyang, maka tubuh mereka akan liar." (HR Bukhari)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Nah, jika ingin menerapkan hidup sehat, bisa meniru kebiasaan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam ketika setiap kali hendak makan. Nabi Muhammad bersabda:

"Tidaklah anak Adam mengisi satu bejana yang lebih buruk dari perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makan sekadar untuk menegakkan tulang punggungnya. Jika tidak, maka buatlah perutnya sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk udara napasnya." (HR Ahmad dan Tirmidzi)

Baca juga: Kena Sihir Bisa Sembuh dengan Baca Doa Ini, Buya Yahya Ungkap Keutamaannya 

Baca juga: Doa Dilancarkan Mendapat Pekerjaan yang Baik dan Halal 

Allah Subhanahu wa ta'ala telah menghimpun ilmu kesehatan dan gizi dalam satu ayat, terdiri dari tiga kalimat saja. Allah Ta'ala berfirman:

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

Artinya: "Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (QS Al A'raf: 31)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini