Share

Hati-Hati Artis Suka Umbar Aurat, Ini Bahaya dan Ancamannya di Akhirat

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 330 2536760 hati-hati-artis-suka-umbar-aurat-ini-bahaya-dan-ancamannya-di-akhirat-3NEXwycf5I.jpg Ilustrasi bahaya dan ancaman umbar aurat menurut ajaran agama Islam. (Foto: Shutterstock)
A A A

DI zaman modern ini makin banyak kemaksiatan yang dilakukan umat manusia. Salah satunya sejumlah artis wanita suka umar aurat. Ini adalah perbuatan yang sangat dilarang menurut ajaran agama Islam dan termasuk dosa besar. Ada bahaya serta ancamannya di akhirat kelak.

Agama Islam sudah sangat jelas dan tegas mengatur tentang halal/haram atau perintah serta larangan. Misalnya terkait menutup aurat, ini wajib dilakukan setiap muslim laki-laki maupun wanita. Tidak ada tawar-menawar karena sesungguhnya perintah ini untuk kemaslatan.

Baca juga: Potensi Gempa Megathrust M8,7 Selat Sunda, Alquran Sudah Lama Jelaskan Adanya Bencana Besar 

Aurat laki-laki di dalam sholat adalah dari lutut hingga pusar. Di luar sholat juga sama. Aurat perempuan lebih luas lagi, hampir seluruh badan kecuali muka atau wajah dan telapak tangan. Membuka aurat di depan orang yang bukan mahram atau sah dinikahi termasuk dosa besar.

Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA dalam tausiyahnya, seperti dikutip dari kanal YouTube Gazwah TV, mengatakan hukum membuka aurat adalah haram dan balasannya adalah siksa neraka. Ini sebagaimana dijelaskan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا: قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُوْنَ بِهَا النَّاسَ، وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيْلَاتٌ مَائِلَاتٌ، رُؤُوْسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ، لَا يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلَا يَجِدْنَ رِيْحَهَا، وَإِنَّ رِيْحَهَا لَيُوْجَدُ مِنْ مَسِيْرَةِ كَذَا وَكَذَا

"Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata, 'Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda: Ada dua golongan penghuni neraka, yang belum pernah aku lihat, yaitu (1) Suatu kaum yang memegang cambuk seperti ekor sapi. Mereka mencambuk manusia dengannya. Dan (2) wanita-wanita yang berpakaian tetapi telanjang, ia berjalan berlenggak-lenggok menggoyangkan (bahu dan punggungnya) dan rambutnya (disasak) seperti punuk unta yang condong. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium aroma surga, padahal sesungguhnya aroma surga itu tercium sejauh perjalanan sekian dan sekian." (HR Muslim Nomor 2128)

Baca juga: Siasat Aneh Abu Nawas Supaya Tak Dimasak Jadi Bubur, Kok Malah Korbanin Raja? 

Hal yang dimaksud perempuan yang rambutnya disasak seperti punuk unta yang condong adalah wanita yang mengibaskan rambutnya ke kanan dan kiri dengan maksud menggoda lawan jenis yang bukan suaminya. Bisa juga diartikan rambut yang disasak tinggi.

Begitu juga dengan wanita berpakaian tapi telanjang seperti disebut dalam hadis tersebut sangat mudah ditemui pada zaman sekarang. Misalnya, perempuan yang berpakaian transparan atau ketat sehingga lekuk dan bentuk tubuhnya tergambar jelas, mengundang syahwat lawan jenis yang melihatnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Perempuan ini termasuk golongan penghuni neraka menurut hadis tersebut. Wanita yang tidak menutup auratnya tidak akan masuk surga, bahkan mencium aroma surga pun tidak.

"Ulama hadis menjelaskan bahwa terbukanya aurat ada dua. Terutama kaum wanita ya, karena mereka yang harus menutup rapih aurat itu. Yang boleh kelihatan hanya telapak tangan dan muka saja," ujar Ustadz Khalid Basalamah.

Baca juga: Berkat Sedekah Jumat, Suami Istri Selamat dari Kecelakaan Maut Balikpapan 

"Nabi Shallallahu alaihi wassallam memberikan gambaran terbukanya aurat selain kelihatannya tubuh yang tidak boleh diperlihatkan seperti rambut, paha, perut, kepala, dada, lengan, semua ini berarti memamer aurat. Banyak orang yang belum paham bahwa membuka aurat yaitu juga memakai pakaian tapi ketat yang akhirnya membentuk badan," jelasnya.

Memakai pakaian ketat hingga terlihat bentuk lekuk tubuh seperti dada atau bokong tidak dianggap menutup aurat meski kain dikenakan telah menutupi kulitnya. "Karena dengan pakaian itu otomatis bisa menggoda lawan jenisnya, dan lawan jenisnya tergoda dengannya," kata Ustadz Khalid.

"Karena laki-laki memiliki syahwat yang besar, begitu digoda dengan tutur kata, dengan gerak-geriknya bisa tergoda. Tapi kapan wanita itu tidak mau, maka tidak akan terjadi pelanggaran tersebut kecuali pemerkosaan. Maka itu semua ada di tangan dia (wanita)," ungkapnya.

Baca juga: Kena Sihir Bisa Sembuh dengan Baca Doa Ini, Buya Yahya Ungkap Keutamaannya 

Jadi, membuka aurat terutama bagi wanita jelas haram dan termasuk dosa besar karena Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sudah menegaskan dalam hadis bahwa mereka masuk golongan penghuni neraka.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini