Share

Abu Nawas Berambisi Memperistri Gadis Cantik, tapi Kok Alasannya Buat Ibunya?

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 06:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 614 2537170 abu-nawas-berambisi-memperistri-gadis-cantik-tapi-kok-alasannya-buat-ibunya-xxyWV93pM5.jpg Ilustrasi humor Abu Nawas. (Foto: Istimewa)
A A A

ADA-ada saja memang kelakuan Abu Nawas. Sampai-sampai membuat banyak orang tertawa terbahak-bahak. Seperti kisah Abu Nawas kali ini yang meminta jodoh.

Berawal ketik dahulu Abu Nawas yang jomblo jatuh cinta kepada seorang gadis cantik jelita. Ia tergila-gila dengan wanita cantik, pintar, serta ahli ibadah itu. Abu Nawas berambisi memperistri gadis salihah tersebut.

Baca juga: Abu Nawas Pilih Dihukum Pancung, tapi Kok Malah Digantung, Bisa Lolos Gak Ya? 

Cinta yang begitu dahsyat dan membara, membuat Abu Nawas berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. "Ya Allah, jika memang gadis itu baik untukku, dekatkanlah kepadaku. Tetapi jika menurut-Mu ia tidak baik buatku, tolong Yaa Allah, sekali lagi tolong, pertimbangkan lagi Yaa Allah," pinta Abu Nawas dengan menyebut nama gadis tersebut dan terkesan memaksa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Abu Nawas memanjatkan doa-doa itu setiap selesai sholat lima waktu tanpa henti dan terus bersungguh-sungguh. Selama berbulan-bulan ia menunggu tanda-tanda dikabulkan doanya.

Berjalan lebih dari tiga bulan, Abu Nawas merasa doanya belum kunjung dikabulkan Allah Subhanahu wa ta'ala. Ia pun mulai introspeksi diri.

"Mungkin Allah Subhanahu wa ta'ala belum mengabulkan doaku karena aku kurang pasrah atas pilihan jodohku," ucapnya, sebagaimana dikutip dari Muslimmoderat.

Baca juga: Siasat Aneh Abu Nawas Supaya Tak Dimasak Jadi Bubur, Kok Malah Korbanin Raja? 

Kemudian Abu Nawas bermunajat lagi. Tapi kali ini ia berganti strategi. Doa itu tidak diembel-embeli spesifik pakai nama si gadis cantik. Apalagi sampai memaksa Allah Subhanahu wa ta'ala mengabulkan doanya.

Abu Nawas lalu berdoa, "Yaa Allah berikanlah istri yang terbaik untukku."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berbulan-bulan Abu Nawas terus memohon kepada Allah Subhahanahu wa ta'ala, namun Allah Ta'ala belum juga mendekatkan Abu Nawas dengan gadis pujaannya. Bahkan, Allah Ta'ala juga belum mempertemukan Abu Nawas dengan wanita yang hendak diperistri.

Lama-lama dia mulai khawatir. Akhirnya Abu Nawas memutar otak lagi bagaimana caranya berdoa dan bisa cepat terkabul.

Baca juga: Abu Nawas Tanya Jalan ke Saudara Kembar Beda Sifat, Jadi Bingung Mana yang Jujur? 

Abu Nawas memang manusia cerdas. Tidak kehabisan akal, ia pun merasa perlu sedikit "diplomatis" kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Abu Nawas pun mengubah doanya.

"Yaa Allah, kini aku tidak minta lagi untuk diriku. Aku hanya minta gadis cantik sebagai menantu ibuku yang sudah tua dan sangat aku cintai Yaa Allah. Sekali lagi bukan untukku, Yaa Tuhan. Maka, berikanlah ia menantu," ujar doa Abu Nawas.

Dasar Abu Nawas, pakai membawa nama ibunya segala, padahal permintaannya itu tetap saja untuk dirinya. Allah Maha Tahu, tidak bisa diakali siapa pun.

Tapi mungkin karena keikhlasan dan keluguan Abu Nawas tersebut, Allah Subhanahu wa ta'ala pun menjawab doanya. Akhirnya Allah Ta'ala menakdirkan wanita cantik dan salihah tersebut menjadi istri Abu Nawas.

Baca juga: Abu Nawas Dipenjara tapi Bisa Gali Ladangnya di Rumah, Gimana Caranya? 

Wah, kisah yang happy ending ya. Pelajaran yang dipetik adalah jangan lelah meminta dan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, karena Allah pasti mengabulkan doa-doa hamba-Nya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini