Share

Kisah Koki Selamat Usai Terjebak 3 Hari di Dalam Kapal yang Tenggelam

Susi Susanti , Okezone · Selasa 25 Januari 2022 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 18 2537508 kisah-koki-selamat-usai-terjebak-3-hari-di-dalam-kapal-yang-tenggelam-OxqRGv4iS9.jpg Kisah koki yang bertahan hidup selama 3 hari usai kapal tenggelam (Foto:
A A A

NIGERIA – Tak banyak orang yang mengalami keberuntungan dalam soal hidup dan mati. Salah satunya adalah Harrison Okene, seorang juru masak yang kala itu berusia 29 tahun, yang berhasil bertahan hidup selama hampir tiga hari di bawah air. Dia adalah satu-satunya orang yang selamat dari tragedi tenggelamnya kapal Jacson-4, yang terbalik setelah dihantam gelombang besar pada 2013 lalu.

Sebelas awak kapal dilaporkan tewas saat kapal itu tenggelam sekitar 20 km di lepas pantai berpohon bakau Nigeria.

"Sekitar jam 5 pagi dan saya sedang di toilet ketika kapal baru saja mulai turun - kecepatannya sangat, sangat cepat," kata Okene melalui telepon dari kampung halamannya di Warri kala itu.

Dia pun segera bergegas keluar. Namun dia tidak dapat mencapai pintu keluar darurat dan menyaksikan tiga anggota awak tersedot ke laut yang bergolak.

 Baca juga: Kecelakaan Kapal WNI di Malaysia Diduga Akibat Cuaca Buruk

Air menyapu dia ke toilet lain saat kapal itu mulai tenggelam 30 meter ke kedalaman yang membekukan. Hanya mengenakan celana dalam, Okene berdoa saat air merembes perlahan tapi pasti ke dalam gelembung udara seluas 4 kaki persegi di kabin.

"Di sekeliling saya hanya hitam, dan berisik. Saya menangis dan memanggil Yesus untuk menyelamatkan saya, saya berdoa sangat keras. Saya sangat lapar dan haus dan kedinginan dan saya hanya berdoa untuk melihat semacam cahaya,” terangnya.

Baca juga: Kapal pengangkut PMI Ilegal Tenggelam di Selangor, Setidaknya 10 Orang Tewas

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dia telah berada di bawah air selama hampir 60 jam ketika mendengar suara palu di geladak. Sebuah tim penyelam Afrika Selatan yang menjelajahi perairan dalam operasi pemulihan tubuh yang diduga terkejut mendengar jawaban palu samar.

Saat cahaya penyelam mendekat, Okene ragu-ragu untuk berenang di luar kantong udara untuk berjaga-jaga jika penyelam yang terkejut itu akan menggunakan pisau dongkrak terhadapnya.

"Saya pergi ke air dan menyentuh penyelam. Dia sendiri gemetar ketakutan. Jadi saya melangkah mundur dan hanya memegang tangan saya di air dan melambaikannya di depan kameranya sehingga mereka akan melihat gambar di atas dek. Penyelam itu masuk dan di belakang ada kantong udara tempat dia duduk," tulis Paul MacDonald, seorang petugas di kapal pendukung di Facebook.

"Bagaimana itu tidak penuh air adalah dugaan siapa pun. Saya akan mengatakan seseorang menjaganya,” ungkapnya.

Begitu Okene ditemukan, ada kekhawatiran dia akan panik selama penyelamatan, sementara tubuhnya menyerap nitrogen dalam jumlah yang berpotensi fatal.

"Jantungnya tidak akan mampu memompa [kembali ke darat] karena penuh dengan gas," kata Christine Cridge, Direktur medis Pusat Penelitian Penyakit Selam yang berbasis di Plymouth, yang memberi saran kepada tim penyelamat.

Okene diikat ke peralatan menyelam, lalu dibawa ke lonceng selam yang membawanya ke permukaan. Dia pun menghabiskan dua hari di ruang dekompresi.

"Bertahan selama itu di kedalaman itu sangat fenomenal. Biasanya Anda akan menyelam untuk rekreasi tidak lebih dari 20 menit di kedalaman itu," ujar Konsultan pelatihan dari Professional Association of Diving Instructors.

Setelah tak lama kemudian Okene mulai tersadar. "Mereka memberi tahu saya bahwa semua yang lain telah meninggal dan saya menangis karena saya pikir saya adalah satu-satunya yang terperangkap di dalam perahu,” terangnya dengan suara parau. Okene diketahui mengalami kulit terkelupas selama berada di dalam air.

Saat ini, kondisi Okene sudah membaik setelah kejadian mengenaskan itu. Dia mengatakan menu sup banga favoritnya setiap hari – sup ikan dan buah palem – telah membantunya merasa jauh lebih baik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini