Share

5 Alasan Marc Marquez Takkan Lewati Gelar Juara Dunia Valentino Rossi, Nomor 1 Faktor Fabio Quartararo

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 38 2537458 5-alasan-marc-marquez-takkan-lewati-gelar-juara-dunia-valentino-rossi-nomor-1-faktor-fabio-quartararo-vy8RluTzNG.jpg Lima alasan Marc Marquez tidak akan bisa melewati jumlah gelar juara Valentino Rossi (Foto: MotoGP)
A A A

MARC Marquez adalah pembalap yang paling memungkinkan untuk menyalip prestasi legenda MotoGP, Valentino Rossi, dalam jumlah gelar juara dunia. The Doctor sudah mengoleksi sembilan gelar juara dunia yang tujuh di antaranya diraih di kelas MotoGP. Sementara itu, dua sisanya diraih Rossi di kelas 125cc (1997) dan 250cc (1999).

Marquez hanya tertinggal satu gelar juara dari Rossi. The Baby Alien sudah meraih enam gelar juara MotoGP dan dua sisanya didapatkan di kelas 125cc (2010) dan Moto2 (2012).

Namun, Marquez juga bisa gagal menyalip jumlah gelar juara Rossi. Berikut lima alasan Marquez tidak akan melewati gelar juara Rossi:

5. Motor Honda Mulai Kalah Saing

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Saat mendominasi kejuaraan, Marquez didukung motor Honda RC213V yang amat cepat. Akan tetapi, kuda besi dari pabrikan lain sudah mampu menyaingi atau bahkan lebih baik ketimbang RC213V.

Meski juara musim lalu adalah Quartararo dengan motor Yamaha YZR-M1, kuda besi Ducati Desmosedici justru yang menjadi bintang. Bagaimana tidak, Desmosedici tampil amat kompetiti bersama Francesco Bagnaia, Jack Miller, Johann Zarco, dan Jorge Martin. Selain kedua motor itu, ada juga Suzuki dengan GSX-RR yang tampil tidak kalah bagus pada musim lalu.

4. Persaingan MotoGP Makin Ketat

Marc Marquez vs Francesco Bagnaia (Foto: MotoGP)

MotoGP 2020 dan 2021 menjadi panggung bagi para pembalap muda untuk unjuk gigi. Joan Mir membuat kejutan dengan menjadi juara MotoGP 2020 usai mengalahkan Fabio Quartararo dalam persaingan ketat yang berlangsung sepanjang musim.

Semusim berselang, giliran Quartararo yang menjadi juara dengan luar biasa. Selain Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia juga bersinar di MotoGP 2021, terutama pada paruh kedua. Pecco bahkan menjadi batu sandungan terbesar Quartararo untuk menjadi juara pada musim lalu. Francesco Bagnaia pun mengakhiri musim lalu di posisi kedua.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Cedera Berkepanjangan

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Sebagaimana diketahui, dominasi Marquez di MotoGP luntur dalam dua musim terakhir karena cedera pada lengan dan bahu kanannya. Cedera itu bahkan menghambat karier Marquez.

Dia melewatkan hampir seluruh balapan di MotoGP 2020 karena mesti memulihkan diri. Pada musim 2021, dia juga melewatkan dua balapan pertama karena belum pulih total.

Saat mentas pada musim lalu, Marquez masih merasakan sakit pada bahu dan lengan kanannya. Hal itu membuat performa Marquez naik-turun sepanjang musim lalu.

2. Masalah Penglihatan

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Marquez kembali menambah masalah pada tubuhnya di MotoGP 2021. Karena kecelakaan saat latihan motorcross, Marquez mengalami penglihatan ganda alias diplopia. Sekadar informasi, Marquez sudah pernah menderita diplopia pada 2011, tetapi kali ini lebih parah.

Biasanya, penderita diplopia, yang tidak terlalu parah, bisa sembuh dengan terapi anti-edema dengan kortison. Akan tetapi, untuk diplopia Marquez, ada kemungkinan tidak bisa disembuhkan jika keadaannya benar-benar buruk, menurut dr Andrea Gerosa, ahli bedah saraf di Rumah Sakit Maggiore di Parma.

Meski begitu, keadaan Marquez ternyata mampu membaik. Dia bahkan sudah kembali ke lintasan balap untuk mengetes kondisi fisiknya.

Meski begitu, diplopia Marquez mungkin kambuh jika kembali kecelakaan dalam balapan. Faktor masalah penglihatan ini akan menyulitkan Marquez untuk meraih gelar juara MotoGP lainnya di masa depan.

1. Fabio Quartararo Mulai Konsisten

Fabio Quartararo (Foto: MotoGP)

Fabio Quartararo sudah jadi perbincangan hangat sejak debut di MotoGP pada musim 2019. Pada musim debutnya, pembalap Prancis itu langsung menyabet gelar Rookie of the Year.

Performa El Diablo pun makin bagus pada dua musim berikutnya hingga bisa menjadi juara di MotoGP 2021. Jadi, Fabio Quartararo tengah berada di performa terbaiknya sekarang.

Jika ditopang dengan motor yang lebih kencang dari sekarang, Fabio Quartararo bisa makin mendominasi MotoGP. Quartararo bisa mengecilkan peluang Marquez untuk menjadi juara MotoGP di masa depan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini