Share

Percantik TMII Cs Menteri Basuki Siapkan Anggaran Rp2,7 Triliun

Iqbal Dwi Purnama , Okezone · Selasa 25 Januari 2022 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 470 2537663 percantik-tmii-cs-menteri-basuki-siapkan-anggaran-rp2-7-triliun-Aa7w7K1KEI.jpg Pemerintah siapkan anggaran untuk renovasi TMII dan lokasi event internasional (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA – Pemerintah menyiapkan anggaran senilai Rp2,7 triliun untuk merenovasi TMII dan beberapa lokasi untuk persiapan G20 dan event internasional.

"Presiden beri penugasan khusus untuk penyelenggaraan acara internasional," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga: Viral TMII Terbengkalai Usai Dikelola Pemerintah, Sandiaga: Sedang Proses Penataan Ulang

Kegiatan penataan ini dilakukan di Bali, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Hal tersebut seperti yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 116 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Penyelenggaraan Acara Internasional.

Baca Juga: Miris, Kondisi SnowBay TMII Terbengkalai hingga Terlihat Angker

Posri anggaran tersebut paling besar porsi untuk renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebesar Rp1,13 triliun untuk penanganan Jalan, penataan gerbang utama, renovasi joglo, renovasi museum. Theater garuda, museum Telkom, hingga keong mas.

Sedangkan untuk persiapan Presidensi Indonesia dalam KTT G20 di Bali kementerian PUPR akan merenovasi kegiatan kawasan utan Mangrobe Tahura, Ngurah Rai, perservasi jalan Nusa Dua - Jumbaran - Uluwatu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu juga dilakukan penataan lanskap Bundaran, Pedestrian dan media ruas jalan Bandara Ngurah Rai - Venue, serta peningkatan jalan Simpang Jalan Siligita - Kempinski dengan anggaran Rp505,9 miliar.

Selanjutnya penataan kawasan Mandalika di NTB untuk penyelenggaraan Moto GP untuk pembangunan jalan, hingga pengendali banjir dengan anggaran Rp579 miliar. Selanjutnya juga ada persiapan Asean Summit di 2023 di Labuan Bajo membutuhkan anggaran mencapai Rp525,8 miliar.

Sebagai informasi Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk beberapa acara internasional. Seperti Presidensi KTT G20 di Bali, Moto GP di NTB, dan persiapan Asean Summit 2023 di Tana Mori, Labuan Bajo.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini