Share

Terungkap! Ini Zikir yang Ampuh Atasi Komplikasi Jiwa, Yuk Banyak-Banyak Dibaca

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 08:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 330 2537872 terungkap-ini-zikir-yang-ampuh-atasi-komplikasi-jiwa-yuk-banyak-banyak-dibaca-gI3oN4U2tW.jpg Ilustrasi zikir ampuh mengobati komplikasi jiwa. (Foto: Shutterstock)
A A A

BANYAK-banyak membaca zikir atau doa sangat dianjurkan bagi kaum Muslimin. Manfaatnya sangat besar, bahkan bisa mengobati berbagai penyakit, salah satunya komplikasi jiwa. Contoh zikir yang baik dibaca adalah istigfar dengan lafaz "Astagfirullah".

Istigfar merupakan salah satu bentuk kepasrahan seorang Muslim, sekaligus mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala ketika sedang terjadi sesuatu dalam diri, termasuk saat jiwa merasa tidak tenang. Selain itu, mengamalkan istigfar juga dapat menambah pahala.

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Rabu 26 Januari 2022M/23 Jumadil Akhir 1443H 

"Membaca istigfar dapat membuat hati lebih tenang dan sebagai pengingat agar kita selalu berserah diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala," jelas Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Ternyata ayat-ayat suci Alquran telah menerangkan bahwa istigfar dapat menyembuhkan komplikasi jiwa yang dialami manusia. Hal ini juga dibuktikan dalam penelitian oleh para ilmuwan.

Dikutip dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr Nadiah Thayyarah, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Ali Imran:

وَٱلَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا۟ فَٰحِشَةً أَوْ ظَلَمُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ ذَكَرُوا۟ ٱللَّهَ فَٱسْتَغْفَرُوا۟ لِذُنُوبِهِمْ وَمَن يَغْفِرُ ٱلذُّنُوبَ إِلَّا ٱللَّهُ

"Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah?" (QS Ali Imran: 135)

Baca juga: Ada Maling Kabur ke Barat, Abu Nawas Kok Malah Cegatnya di Timur? 

Selain ayat Alquran tersebut, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam juga mengatakan bahwa dengan membaca istigfar maka Allah Subhanahu wa ta'ala akan memberi jalan keluar dari kesempitan, serta kemudahan lainnya ketika jiwa seorang Muslim sedang dilanda kesakitan.

"Siapa yang terbiasa beristigfar, maka Allah akan memberinya jalan keluar dari kesempitannya dan kelapangan dari kesedihannya, serta memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya." (HR Abu Dawud)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara para ahli jiwa mengatakan orang-orang yang menderita komplikasi kejiwaan biasanya diakibatkan tekanan batin sejak anak-anak, atau akibat peristiwa traumatik yang dialami.

Ketika beranjak dewasa, perasaan tertekan itu makin besar hingga menyebabkan komplikasi kejiwaan, bahkan dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Baca juga: Kisah Bule Cantik Bersama Anak-anaknya Masuk Islam, Langsung Mantap Kenakan Hijab 

Baca juga: Rasulullah Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang, Ternyata Ini Manfaatnya 

Oleh karena itu, dalam ilmu psikologi modern sangat sesuai dengan hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, yakni tentang istigfar dan faedahnya dalam menghilangkan tekanan jiwa manusia. Hal ini merupakan mukjizat nabawi di bidang ilmu kejiwaan.

Ketika seseorang mengakui kesalahan dan dosanya lalu memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan sungguh-sungguh, maka perbuatannya itu akan menimbulkan ketenangan batin, sehingga tidak lagi merasa bersalah serta berdosa.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini