Share

Selalu Bikin Tertawa, Abu Nawas Diprotes Santrinya: Guru Apa Badut Sih?

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 06:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 614 2538222 selalu-bikin-tertawa-abu-nawas-diprotes-santrinya-guru-apa-badut-sih-791pdT4NOG.jpg Ilustrasi Abu Nawas. (Foto: Istimewa)
A A A

HUMOR Abu Nawas memang tidak pernah bikin bosan. Seperti dalam kisah ini, Abu Nawas diprotes santri-santrinya. Lho kok bisa? Apa penyebabnya?

Abu Nawas dikenal sebagai sosok yang lucu, cerdas, dan cerdik. Kepribadiannya itu pun tersebar ke seluruh wilayah Kota Baghdad, sehingga santri atau muridnya pun kian bertambah.

Baca juga: Ada Maling Kabur ke Barat, Abu Nawas Kok Malah Cegatnya di Timur? 

Sayangnya tidak semua santri sepaham dengan gurunya itu. Suatu hari salah seorang santri tampak mengeluh dan menyampaikan pendapatnya secara kritis mengkritik bahwa spiritualitas Abu Nawas perlu disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Menanggapi kritikan santrinya itu, Abu Nawas hanya tertawa. Santri yang lainnya pun ikut tertawa lepas melihat kekonyolan gurunya tersebut. Kemudian Abu Nawas mendadak terdiam.

Seketika suasana menjadi hening, Abu Nawas menarik napas dalam-dalam. Kemudian dengan hati-hati ia menceritakan kisah seorang santri yang bertanya kepada penjual buku.

Baca juga: Supaya Istrinya Tidak Diganggu, Abu Nawas Ajak Para Lelaki Makan Ubi, Apa Hubungannya? 

"Tidak ada buku anatomi yang lebih baru?"

"Buku-buku yang ada di sini sudah berumur 10 tahun atau lebih," protes santri tersebut, seperti dikutip dari nu.or.id, Kamis (27/1/2022).

"Dengarlah, nak. tidak ada penambahan tulang apa pun dalam tubuh manusia selama 10 tahun terakhir. Demikian juga tidak ada penambahan apa pun dalam kodrat manusia selama 10.000 tahun terakhir," kata penjual buku menjawab pertanyaan santri itu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mendengar cerita Abu Nawas, semua santri tampak diam, suasana pun masih hening. Kemudian hal lainnya membuat santri Abu Nawas protes, karena seringnya sang guru membuat lelucon.

Setiap kali Abu Nawas mengajar hampir selalu ada gelak tawa. Hal itu rupanya juga mengganggu sebagian santri yang sangat ingin serius tentang spiritualitas dan diri mereka.

Baca juga: Abu Nawas Berambisi Memperistri Gadis Cantik, tapi Kok Alasannya Buat Ibunya? 

"Guru ini seperti badut," kata salah seorang santri.

"Oh tidak. Kamu salah tangkap. Seorang badut membuat kamu menertawainya; seorang guru membuat kamu menertawai diri sendiri," ucap santri lainnya yang menyanggah.

Abu Nawas mendengar dialog antara santrinya dengan tersenyum. Abu Nawas tidak merasa terganggu sama sekali dengan kelakuan santri-santrinya itu.

Baca juga: Abu Nawas Pilih Dihukum Pancung, tapi Kok Malah Digantung, Bisa Lolos Gak Ya? 

"Apakah sesuatu menjadi sungguh-sungguh benar, jika tidak seorang pun menertawakannya?" tukas Abu Nawas.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini