Share

Abu Nawas Beri Hadiah Itik Panggang ke Raja, tapi Kok Kakinya Cuma Satu?

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 614 2538855 abu-nawas-beri-hadiah-itik-panggang-ke-raja-tapi-kok-kakinya-cuma-satu-2RojWoTzGx.jpg Ilustrasi humor Abu Nawas. (Foto: Istimewa)
A A A

HUMOR Abu Nawas tidak pernah bosan disimak. Seperti dalam kisah lucu kali ini, yaitu Abu Nawas memberi hadiah itik panggang berkaki satu untuk Baginda Raja Harun Al Rasyid.

Berawal dari suatu ketika Abu Nawas diminta istrinya mengantar itik panggang kepada. Abu Nawas agak keberatan, sebab dia sendiri makan tanpa lauk.

Baca juga: Raja Diskakmat, Duluan Telur atau Ayam? Ini Jawaban Cerdas Abu Nawas dan Bukti Ilmiahnya 

"Sudahlah, agar Baginda Raja makin sayang sama engkau suamiku," ucap istri Abu Nawas, seperti dikutip dari Kalam Sindonews, Jumat (28/1/2022).

Abu Nawas pun mengalah. Dengan berat hati ia menenteng bungkusan itik panggang yang menggoda seleranya itu. Diam-diam Abu Nawas tidak tahan juga.

"Ah, biar saja kuambil paha yang satu itu," pikir Abu Nawas sembari mematahkan kaki itik tersebut. Tanpa pikir panjang Abu Nawas pun memakannya.

Akhirnya Abu Nawas sampai juga ke istana dengan membawa itik panggang berkaki satu menghadap Baginda Raja.

Abu Nawas disambut Baginda Raja dengan ramah. Rupanya ketika Abu Nawas datang, Baginda Raja juga sedang makan.

"Apa yang kau bawa Abu Nawas?" tanya Baginda Raja melihat Abu Nawas menenteng sesuatu.

Tanpa banyak cakap, Abu Nawas menyerahkan bawaannya kepada Baginda Raja. "Hemm... itik panggang," guman Baginda Raja tersenyum cerah.

Baca juga: Selalu Bikin Tertawa, Abu Nawas Diprotes Santrinya: Guru Apa Badut Sih? 

Belum lagi menikmati itik panggang hadiah dari Abu Nawas, Baginda Raja terdiam beberapa saat ketika mendapati itik panggang yang hanya berkaki satu.

"Mengapa itik panggang ini hanya berkaki satu, Abu Nawas?" tanya Baginda Raja dengan penasaran.

"Memang di negeri ini itik-itik hanya memiliki satu kaki. Kalau Baginda Raja tidak percaya, cobalah lihat di kolam," jawab Abu Nawas santai.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mereka berdua pun berjalan menuju kolam. Di sana, banyak itik berendam sambil mengangkat sebuah kakinya, sehingga tampak hanya berkaki satu.

"Lihatlah," kata Abu Nawas cengengesan. "Di sini itik hanya berkaki satu," lanjutnya sembari jarinya menunjuk gerombolan itik di kolam.

Baca juga: Abu Nawas vs 3 Orang Cerdik, Ditanya Jumlah Bulu Keledai, Jawabannya Ngeselin Banget 

Tentu saja Baginda Raja tidak mau ditipu. Maka ia pun berteriak keras. Semua itik kaget, menurunkan kaki yang dilipat, dan beterbangan.

Tapi Abu Nawas juga tidak kehilangan akal. "Subhanallah," katanya, "Bahkan itik pun takut pada keinginan Baginda Raja. Barangkali kalau Baginda meneriaki paduka, paduka akan ketakutan dan secara reflek menggandakan kaki jadi empat dan kemudian terbang juga."

Mata Baginda Raja melotot ke arah Abu Nawas. Sepertinya marah, tapi yang terjadi jusru ledakan tawa Baginda.

Baca juga: Ada Maling Kabur ke Barat, Abu Nawas Kok Malah Cegatnya di Timur? 

"Yuk, kita makan sama-sama itik berkaki satu itu," ajak Baginda Raja.

Abu Nawas pun makan dengan lahap. "Alhamdulillah, rezeki memang enggak ke mana," ujar Abu Nawas sembari mengapungkan senyum di bibirnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini