Share

Abu Nawas Gampang Banget Bikin Raja Turun Takhta, Cuma Disuruh Minggir, Kok Bisa?

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 01 Februari 2022 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 01 614 2540807 abu-nawas-gampang-banget-bikin-raja-turun-takhta-cuma-disuruh-minggir-kok-bisa-BD9QtCcFIe.jpg Ilustrasi Abu Nawas. (Foto: Istimewa)
A A A

ABU Nawas selalu berkelakuan di luar nalar banyak orang. Sekaligus aksinya tersebut menghibur karena lucu-lucu. Misalnya kisah ketika Abu Nawas naik takhta ini.

Berawal dari seluruh menteri dan orang-orang penting di dalam negeri seharusnya melihat Baginda Raja Harun Al Rasyid hari itu. Raja memerhatikan Abu Nawas tidak datang ke istana. Ia pun mengutus pengawalnya untuk memanggil Abu Nawas.

Baca juga: Aneh! Abu Nawas Beri Suap Kotoran Sapi ke Pejabat Mata Duitan, Kok Diterima dan Senang? 

Segera Abu Nawas datang ke istana. Pada saat itu ia tahu bahwa Raja menjadi dongkol kepadanya. Ia tidak berani menatap wajah Raja.

"Abu Nawas, kenapa kau tidak datang untuk melihatku hari ini?" tanya Raja singkat, seperti dikutip dari nu.or.id, Selasa (1/2/2022).

"Saya mohon ampun dengan sangat, Baginda Raja. Saya punya banyak pekerjaan yang harus dikerjakan," jawab Abu Nawas.

"Jadi, kau pikir pekerjaanmu itu lebih penting daripada aku?" tanya Baginda Raja dengan nada geram.

Abu Nawas terdiam. Kemudian Raja melanjutkan, "Aku ingin menanyaimu beberapa pertanyaan. Kau harus jawab dengan benar. Kalau kau tak bisa, aku akan menghukummu!"

"Apa saja, Baginda Raja?" ujar Abu Nawas.

"Pertama, apa yang Tuhan kerjakan sekarang? Kedua, berapa banayak bintang di langit? Dan terakhir, di mana titik tengah bumi?" tanya Baginda Raja.

"Saya mohon ampun, Baginda Raja. Saya tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu sekaligus. Baginda harus memenuhi persyaratan sebelum saya menjawab pertanyaan-pertanyaan itu," jawab Abu Nawas si pria cerdas.

"Apa itu?" tanya Baginda Raja.

"Jika Anda bersedia turun dari takhta Anda, saya akan duduk di atasnya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda," jawab Abu Nawas.

Baginda Raja lantas turun dari takhta. Abu Nawas pun menduduki takhta itu. Kakinya menginjak tikar yang terbuat dari kulit kambing.

"Abu nawas, jawab pertanyaanku!" ujar Baginda Raja yang jenak berdiri di atas lantai.

Baca juga: Abu Nawas Bikin Imam Syafii Nangis Kejer Gara-Gara Baca Secarik Kertas, Apa Sih Isinya? 

"Pertanyaan pertama Anda itu apa yang Tuhan lakukan hari ini. Baru saja Tuhan membuat Anda turun dari takhta dan mengangkat seorang manusia awam, Abu Nawas, ke takhta negeri ini," jawabnya.

Suasana di sana menjadi hening sebelum Baginda Raja bertanya, "Bagaimana tentang pertanyaan kedua? Berapa banyak bintang di langit?"

"Baginda, jika Anda benar ingin tahu jumlah bintang di langit, biarkan saya memberi tahu Anda," ujar Abu Nawas.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tangan kanannya mengambil tikar kulit kambing dari kakinya. "Jumlah dari bintang-bintang sama dengan jumlah bulu di kulit kambing ini. Anda dapat menghitungnya, jika Anda tak percaya pada saya."

"Siapa di dunia ini yang dapat menghitung bulu-bulu kambing?" tanya Baginda Raja sedikit dongkol.

Baca juga: Raja Pusing Mikirin Kambing Nazar, Abu Nawas Gampang Banget Kasih Solusi, Semua pun Heran! 

Abu Nawas menjawab cepat, "Itu persoalan yang sama terjadi pada bintang-bintang. Siapa di dunia ini yang mampu menghitung bintang-bintang? Hanya Tuhan yang tahu!"

"Baiklah. Sekarang aku ingin tahu, di mana titik tengah dari bumi. Cepat jawab!"

"Abu Nawas sekonyong-konyong merenggut tombak di sampingnya. Ia lempar tombak itu ke lantai. Tombak itu menancap di depan Baginda Raja.

"Baginda, itu merupkan titik tengah bumi, kalau Anda tak percaya pada saya, perintahkan orangmu untuk mengukur jaraknya dari barat, timur, utara, selatan!"

Baca juga: Hebat! Abu Nawas Bisa Ajari Keledai Membaca, Raja Penasaran Banget: Gimana Caranya? 

"Abu Nawas siapa yang bisa mengukur jarak itu?" tanya Sang Sultan.

"Anda benar, Baginda. Hanya Tuhan yang tahu titik tengah, bukan Abu Nawas juga bukan Baginda Raja," Abu Nawas menjawab tenang.

Saat mendengar jawaban itu, Baginda Raja menyadari bahwa Abu Nawas benar-benar seorang yang cedas dan bijaksana. Ia mencintainya lebih dari sebelumnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini