Share

Doa Anak Salih, Haruskah dari Putra atau Putri Kandung?

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 03 Februari 2022 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 03 330 2541839 doa-anak-salih-haruskah-dari-putra-atau-putri-kandung-uBnuL1GyFw.jpg Ilustrasi doa anak salih. (Foto: Freepik)
A A A

DOA anak salih kerap disebut doa yang paling mustajab. Pasalnya, amalan dan doa dari anak salih akan terus mengalir meski orangtuanya sudah meninggal dunia.

Oleh karena itu, banyak orangtua yang selalu mendidik dan berdoa agar anaknya tumbuh menjadi anak yang salih dan salihah. Namun, apakah doa anak salih ini hanya teruntuk anak kandung? Lantas, bagaimana dengan pasangan suami istri yang tidak bisa memiliki anak dan mengadopsi anak angkat?

Baca juga: Fakta-Fakta Muhammadiyah Bolehkan Dorce Gamalama Dimakamkan sebagai Perempuan 

Pendiri Pondok Pesantren As-Sunnah Makassar, Ustadz Dzulqarnain Muhammad Sunusi, mengatakan bahwa anak kandung berbeda dengan anak angkat. Doa anak salih memang khusus untuk anak kandung, dan itulah keutamaan orang menikah yang memiliki keturunan.

"Anak angkat itu bukan dari keturunan. Dia dibedakan antara anak yang merupakan anugerah bagian dari keturunannya dan anak yang hubungannya terbentuk dari perbuatan baik, dalam bentuk merawat, mendidik, membesarkan," kata Ustadz Dzulqarnain Muhammad Sunusi, dikutip dari kanal YouTube DzulqarnainMS, Kamis (3/2/2022).

Baca juga: Terpaksa! Abu Nawas Cium Telinga Kanan-Kiri Ayahnya, Kok Aromanya Beda? 

"Seluruhnya ada pahala, tapi keterkaitan pada keturunan itu ada kekhususan yang Allah Subhanahu wa ta'ala berikan untuk hubungan tersebut," tambahnya.

Kendati demikian, pasangan suami istri yang tidak bisa memiliki anak masih mendapat kesempatan dengan doa anak angkat yang diajari ilmu bermanfaat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ya, apabila mereka mendidik dan membesarkannya menjadi anak yang bermanfaat, maka pahala akan terus mengalir untuknya, sekalipun sudah tiada.

"Dari anak ini dia didik, dia belajar, bermanfaat bagi manusia atas panjang dia bermanfaat bagi manusia, dia menjadi sebab anak ini menjadi orang yang bermanfaat, dia juga dapat aliran pahala dalam hal itu," ujarnya.

Baca juga: 12 Nama Bulan Hijriah Lengkap dengan Makna dan Keutamaannya 

Baca juga: Ini Makna Al Fatih di Nama Anak Lesti Kejora dan Rizky Billar 

Ini termasuk sedekah jariyah. Dikatakan, sedekah jariyah seseorang yang melalui ilmu, kemudian diamalkan, maka pahala akan terus mengalir dan tidak akan terputus walaupun sudah di alam kubur. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam bersabda:

"Jika manusia itu mati, maka akan putus amalannya kecuali dari tiga perkara: Sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, anak salih yang mendoakan orangtuanya." (HR Muslim Nomor 1631)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini