Share

Ini Makna Al Fatih di Nama Anak Lesti Kejora dan Rizky Billar

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 03 Februari 2022 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 03 614 2541645 ini-makna-al-fatih-di-nama-anak-lesti-kejora-dan-rizky-billar-TWpKWI8bFa.jpg Rizky Billar dan Lesti Kejora bersama putranya Muhammad Leslar Al Fatih Billar. (Foto: Instagram)
A A A

PASANGAN selebritas Lesti Kejora dan Rizky Billar memberikan nama Muhammad Leslar Al Fatih Billar untuk nama anak pertamanya. Ternyata ada makna dan doa tertentu di balik nama yang indah tersebut.

"Harapan saya ketika memberikan nama ini kepada anak kami insya Allah dukungan mereka akan terus ada untuk anak ini. Rasa sayang mereka ke Leslar akan terus kepada anak ini," ujar Rizky Billar.

Baca juga: Fakta-Fakta Muhammadiyah Bolehkan Dorce Gamalama Dimakamkan sebagai Perempuan 

Namun yang menarik di sini adalah nama Al Fatih. Nama tersebut ternyata memiliki makna yang sangat indah. Sebagaimana MNC Portal himpun, nama Al Fatih berasal dari kata Fatih yang artinya "Pembuka, pemimpin, penakluk".

Nama Al Fatih juga diambil dari Surat Al Fatihah di dalam kitab suci Alquran. Surat ini merupakan bagian dari pembuka dari surat-surat lainnya. Maka sebagian orang kerap memberikan nama tersebut sebagai anak laki-laki pertamanya.

Baca juga: Terpaksa! Abu Nawas Cium Telinga Kanan-Kiri Ayahnya, Kok Aromanya Beda? 

Selain itu, nama Al Fatih juga ditemukan dalam bahasa Turki yakni El Fatih digunakan sebagai gelar oleh Sultan Mehmed II. Ia merupakan seorang Muslim jenderal perang yang terkenal berhasil menaklukan Konstantinopel.

Kemudian untuk karakter dari nama Al Fatih sendiri sangat baik, yakni seseorang yang bijaksana, pendiriannya tegas, bertanggung jawab, dan sosok yang cerdas. Makna serta karakter dari nama tersebut tentunya menjadi doa bagi si anak di sepanjang hidupnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dai muda Nahdlatul Ulama (NU) Ustadz Muhammad Najmi Fathoni saat dihubungi MNC portal beberapa waktu lalu mengatakan, "Jika ditinjau, setiap nama memiliki keutamaan dan merupakan doa serta harapan."

Baca juga: 12 Nama Bulan Hijriah Lengkap dengan Makna dan Keutamaannya 

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Kamis 3 Februari 2022M/2 Rajab 1443H 

Ia mengatakan, pemberian nama anak Islami juga sesuai tuntutan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Rasulullah bersabda:

ﺇِﻧَّﻜُﻢْ ﺗُﺪْﻋَﻮْﻥَ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﺑِﺄَﺳْﻤَﺎﺋِﻜُﻢْ ﻭَﺃَﺳْﻤَﺎﺀِ ﺁﺑَﺎﺋِﻜُﻢْ ﻓَﺄَﺣْﺴِﻨُﻮﺍ ﺃَﺳْﻤَﺎﺀَﻛُﻢْ

Artinya: "Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan nama bapak-bapak kalian. Maka baguskanlah nama-nama kalian." (HR Abu Dawud)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini