Share

Kisah Nabi Musa Hancurkan Batu Besar di Depan Kaumnya yang Menyimpang

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 03 Februari 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 03 614 2541806 kisah-nabi-musa-hancurkan-batu-besar-di-depan-kaumnya-yang-menyimpang-2ZXWwm6dG5.jpg Ilustrasi kisah Nabi Musa Alaihissallam memiliki kekuatan besar. (Foto: Istimewa)
A A A

KISAH Nabi Musa Alaihissalam memberikan banyak pelajaran untuk kaum Muslimin. Salah satunya peristiwa Nabi Musa dengan kaum Bani Israil berikut ini. Diceritakan bahwa betapa tidak berakhlak dan beradabnya kaum tersebut. Perilakunya menyimpang. Lalu mereka kerap menentang apa yang diajarkan Nabi Musa.

Sebagaimana ditulis dalam buku 'Kisah Teladan dalam Hadis' karya Abu Ishaq Al Huwaini, diriwayatkan dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah menceritakan:

Baca juga: Kisah Nabi Ibrahim Dianugerahi Anak Usai Menjamu Tamu dengan Sangat Mulia 

Kebiasaan dahulu yang terjadi di kalangan Bani Israil adalah mereka biasa mandi bersama dalam keadaan telanjang bulat, satu sama lain bisa saling melihat aurat mereka.

Sedangkan Nabi Musa Alaihissallam mandi dengan menyendiri. Sehingga pada suatu ketika kaumnya berkata: "Demi Allah, tidaklah Musa enggan mandi bersama kita melainkan karena dirinya punya aib."

Baca juga: Kisah Nabi Yusuf Menolak Keras Ajakan Zina Zulaikhah hingga Dijebloskan ke Penjara 

Pada suatu hari Nabi Musa Alaihissallam pergi mandi di sungai lalu meletakkan bajunya di atas sebuah batu. Ketika dia sedang mandi, batu tersebut terseret arus air dengan membawa bajunya. Maka Nabi Musa mengejarnya sambil berteriak, "Wahai batu, bajuku! Wahai batu, bajuku!"

Sedangkan kaumnya yang sedang memerhatikan dirinya akhirnya melihat Nabi Musa Alaihissallam berlari tanpa berpakaian, sehingga mereka mengatakan, "Demi Allah, Musa tidak terkena penyakit apa-apa."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Akhirnya Nabi Musa Alaihissallam dapat mengejar batu tersebut lalu berdiri di atasnya, dan mengambil pakaiannya, kemudian memukul batu itu.

Abu Hurairah mengatakan, "Demi Allah, sesungguhnya di atas batu tersebut ada bekas 6 atau 7 pukulan yang dilakukan Nabi Musa."

Baca juga: Fakta-Fakta Muhammadiyah Bolehkan Dorce Gamalama Dimakamkan sebagai Perempuan 

Baca juga: Terpaksa! Abu Nawas Cium Telinga Kanan-Kiri Ayahnya, Kok Aromanya Beda? 

Kemudian turun ayat Alquran: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang menyakiti Musa; maka Allah membersihkannya dari tuduhan-tuduhan yang mereka katakan. Dan adalah dia seorang yang mempunyai kedudukan terhormat di sisi Allah." (QS Al Ahzab: 69) (HR Bukhari dan Muslim)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini