Share

Apakah KDRT Aib yang Harus Ditutupi Istri? Ini Kata Buya Yahya

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Senin 07 Februari 2022 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 07 330 2543378 apakah-kdrt-aib-yang-harus-ditutupi-istri-ini-kata-buya-yahya-2XEVXgpcIO.jpg Buya Yahya menjelaskan solusi permasalahan KDRT. (Foto: YouTube Al Bahjah TV)
A A A

BEBERAPA waktu belakangan viral ceramah Ustadzah Oki Setiana Dewi soal seorang istri menutupi aksi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) suami dari sang ibunda. Ini akhirnya membuat hati suaminya luluh.

Hal tersebut lantas menimbulkan pertanyaan, apakah benar seorang istri harus menutup rapat-rapat KDRT yang dilakukan suami?

Baca juga: Heboh Doddy Sudrajat Akan Pindahkan Makam Vanessa Angel, Ini Hukumnya Menurut Islam 

Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon KH Yahya Zainul Ma'arif atau lebih akrab disapa Buya Yahya mengatakan bisa boleh, bisa juga tidak. Mengapa demikian? Sebab, seorang istri diperbolehkan mengadu kepada orangtua asalkan mereka adalah sosok yang bijaksana.

"Kalau ingin bercerita dengan tua juga sah saja kalau orangtuanya bijaksana. Kalau dia bisa menyelesaikan masalah, dia bisa mengadu," kata Buya Yahya, seperti dikutip dari kanal YouTube Al Bahjaj TV, Senin (7/2/2022).

Tidak sampai di situ, istri juga sudah sepatutnya menceritakan permasalahan sesuai fakta yang ada, dan tidak dilebih-lebihkan.

Baca juga: Abu Nawas Lebih Hebat dari Jin Ifrit, Istana Raja Bisa Dipindah ke Atas Gunung 

Namun di sisi lain, Buya Yahya mengingatkann bahwa mengadu kepada orangtua bukanlah jalan yang tepat jika mereka tidak mampu bersikap bijak. Hal ini justru akan membawa masalah baru dalam rumah tangga.

"Kalau orangtua tidak bijak malah menyikapi dengan sesuatu tidak nyaman seperti mungkin melabarak suaminya. Sehingga yang semula rumah tangga itu mudah untuk diakurkan kembali, akan tetapi suami yang tadi punya sifat tidak baik, dihantam lagi, dan akan menjadi keras," ujarnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pada intinya, tindakan apa pun harus dipikirkan lagi dengan matang-matang. Apakah orangtua benar-benar sosok yang tepat untuk mendengarkan masalah rumah tangga atau tidak.

Baca juga: 5 Peristiwa Besar dan Bersejarah di Bulan Rajab, Isra Mikraj hingga Pembebasan Baitul Maqdis 

Baca juga: KH Cholil Nafis: Omicron Menyebar, Sholat Berjamaah Laksanakan seperti Biasa dengan Prokes Ketat 

"Jadi bukan harga mati tidak boleh, bisa saja boleh. Dilihat dulu, jika ada seorang wanita dizalimi suaminya, tolong jangan serta-merta menceritakan kepada ayahanda/ibunda Anda, kecuali sudah Anda pikir bahwa mereka bisa memberikan solusi," ujarnya.

Kendati demikian, menurut Buya Yahya, seorang suami yang hebat tidak akan memukul istrinya meskipun sang istri berbuat suatu kesalahan. Tindakan kekerasan dalam rumah tangga dengan tegas tidak dibenarkan oleh Buya Yahya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini