Share

5 Peristiwa Besar dan Bersejarah di Bulan Rajab, Isra Mikraj hingga Pembebasan Baitul Maqdis

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 07 Februari 2022 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 07 614 2543352 5-peristiwa-besar-dan-bersejarah-di-bulan-rajab-isra-mikraj-hingga-pembebasan-baitul-maqdis-w2XCN6Q6HK.jpg Ilustrasi pembebasan Baitul Maqdis pada bulan Rajab. (Foto: Unsplash)
A A A

BULAN Rajab merupakan satu dari empat bulan suci dalam penanggalan hijriah. Umat Islam pun dianjurkan memperbanyak amal salih pada bulan ini. Ada balasan pahala yang sangat besar dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Sebagaimana dijelaskan dalam riwayat hadis dari Abu Bakroh, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

"Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada 12 bulan. Di antaranya ada 4 bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (Akhir) dan Sya'ban." (HR Bukhari Nomor 3197 dan Muslim 1679)

Baca juga: Simak! Ini Keutamaan Bulan Rajab yang Belum Banyak Diketahui 

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, sebelum masa kenabian, Rajab menjadi bulan yang diistimewakan diagungkan, dimuliakan oleh kaum Quraisy, bangsa Arab.

Rajab biasa juga disebut 'Al-Ashabb' (الأصب) yang berarti 'mengucur atau menetes'. "Dijuluki demikian karena derasnya tetesan kebaikan pada bulan ini," terang Ustadz Ainul Yaqin kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Rajab juga disebut 'Al-Ashamm' (الأصم) atau 'yang tuli', tidak boleh ada bunyi senjata perang. Rajab adalah 'Rajam' (رجم) yang bermakna melempari setan sebagai bukti perlawanan manusia kepada mereka.

Selain banyaknya pahala yang melimpah pada bulan Rajab, ada juga terjadi peristiwa-peristiwa besar dan bersejarah bagi kaum Muslimin. Ini lima peristiwa-peristiwa tersebut:

Baca juga: Keutamaan Puasa Rajab Beserta Hukum Menjalankannya 

1. Isra Mikraj

Isra Mikraj adalah mukjizat yang diterima Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Peristiwa besar ini adalah perjalanan selama satu malam yang dilakukan oleh Rasulullah ke langit. Hal itu diawali dengan berangkatnya Nabi bersama Malaikat Jibril dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa.

Kemudian Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam atas izin Allah Subhanahu wa ta'ala naik ke atas langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi di langit. Selama perjalanan menuju langit, Nabi diperlihatkan keindahan surga dan kekejaman neraka. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Rajab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Allah Ta'ala mewajibkan umat Islam sholat lima waktu

Dalam peristiwa Isra Mikraj, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam juga mendapat perintah dari Allah Subhanahu wa ta'ala untuk mengerjakan sholat lima waktu pertama kalinya. Sampai saat ini sholat adalah ibadah yang wajib yang harus dilaksanakan oleh umat Islam sebagai tiang utama agama.

Baca juga: Kisah Perang Tabuk di Bulan Rajab, Perang Terakhir Nabi Muhammad SAW 

3. Memenangkan Perang Tabuk

Pada bulan Rajab, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam memenangkan Perang Tabuk. Ini merupakan perang Rasulullah melawan tentara Romawi yang terjadi pada 9 Hijriah atau 630 Masehi.

Ketika perang, kala itu pasukan Muslim terdiri dari 30 ribu orang dan menempuh perjalanan yang jauh dari Madinah menuju Syam. Mengetahui banyaknya tentara Muslim yang dipimpin Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, membuat tentara Romawi ketakutan dan memilih mundur. Umat Islam pun menang dalam Perang Tabuk.

4. Pembebasan Baitul Maqdis Palestina

Penaklukan Salahuddin Al Ayyubi di Alquds terjadi pada 2 oktober 1186, yakni bertepatan dengan 27 Rajab tahun 583 Hijriah. Salahuddin berhasil mengalahkan Pasukan Salib yang menduduki Tanah Suci Yerusalem selama berpuluh tahun. Atas bantuan dan izin dari Allah Subhanahu wa ta'ala, akhirnya Salahuddin dan tentara Muslim dapat mengambil kembali kota suci Baitul Maqdis.

Baca juga: Mengabarkan Masuknya Bulan Rajab Dapat Pahala Ibadah 80 tahun, Shahih atau Dhaif? 

5. Berakhirnya masa kekhalifahan

Pada bulan Rajab, seluruh masa kekhalifahan di muka bumi ini berakhir. Tepatnya pada 28 Rajab tahun 1342 Masehi. Kejadian tersebut ditandai dengan jatuh dan berakhirnya pemerintahan Ottoman yang berada di Turki.

Peristiwa berakhirnya masa kekhalifahan disebabkan Presiden Mustafa Kemal Attaturk menghapus semua syariat Islam dan mengganti hukum-hukum Islam dengan paham hukum Barat, serta menetapkan paham sekuler pada negara tersebut.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini