Share

Kisah Nabi Luth dan Azab Hujan Batu Menghancurkan Kaum Sodom

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 10 Februari 2022 20:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 10 614 2545390 kisah-nabi-luth-dan-azab-hujan-batu-menghancurkan-kaum-sodom-vofeTRgZ3N.jpg Ilustrasi kisah Nabi Luth dan azab hujan batu untuk kaum Sodom. (Foto: Shutterstock)
A A A

KISAH Nabi Luth Alaihisallam dan kaum sodom sangat penting diketahui kaum Muslimin. Diketahui bahwa kaum sodom yang menyukai sesama jenis. Berawal dari Nabi Luth Alaihissallam yang hijrah ke Mesir bersama Nabi Ibrahim Alaihissallam usai diperintah Allah Subhanahu wa ta'ala untuk pergi ke tanah Yordania dan bermukim di sebuah tempat bernama Sodom. Kemudian Nabi Luth menikahi salah satu penduduk Sodom.

Sodom adalah kaum yang sangat jauh dari jalan Allah Subhanahu wa ta'ala. Bahkan, mereka sangat sesat. Kaum Sodom menyukai sesama jenis yang tidak pernah dilakukan oleh orang-orang sebelumnya.

Baca juga: Kisah Nabi Sulaiman Kerahkan Malaikat Menolong Burung-Burung dari Serangan Manusia 

Baca juga: Kisah Nabi Yunus Ditelan Ikan Paus, Berawal Meninggalkan Kaumnya dalam Keadaan Marah 

Mereka juga melakukan perampasan kepada siapa saja yang melewati wilayah tersebut. Lalu bagi yang memiliki paras menarik akan dijadikan rebutan untuk memuaskan hawa nafsu birahi sesama jenisnya.

Nabi Luth Alaihissallam yang diutus untuk meluruskan kaum tersebut tidak henti-hentinya berdakwah agar kaum tersebut kembali ke jalan Allah Subhanahu wa ta'ala. Namun, hal tersebut sia-sia karena kaum Sodom tetap tidak menghiraukan dakwah Nabi Luth.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lalu Nabi Luth Alaihissallam berdoa dan Allah Subhanahu wa ta'ala memerintahkan malaikat yang menyamar menjadi manusia untuk bertamu ke rumah Nabi Luth pada tengah malam. Nabi Luth meminta keluarganya agar merahasiakan kedatangan tamu di rumahnya tersebut, tetapi istri Nabi Luth yang merupakan kaum Sodom membocorkan informasi tersebut.

Malaikat yang menyerupai manusia tersebut berparas remaja yang sangat tampan membuat kaum Sodom beramai-ramai mendatangi rumah Nabi Luth Alaihissallam untuk memuaskan nafsunya. Nabi Luth tidak kuasa menahan kaum Sodom memaksa masuk rumahnya.

Baca juga: Kisah Matinya Dajjal pada Akhir Zaman: Ditusuk oleh Nabi Isa dengan Tombak Emas hingga Meleleh 

Baca juga: Kisah Nabi Idris Meminta pada Allah Dipanjangkan Usianya untuk Berdakwah Lebih Banyak 

Malaikat tersebut pun menjelaskan bahwa mereka datang atas doa yang diminta Nabi Luth Alaihissallam kepada Allah Subhanahu wa ta'ala untuk menurunkan azab kepada kaum Sodom atas perbuatan keji mereka. Malaikat tersebut pun menyuruh agar Nabi Luth membuka pintu rumahnya lalu bergegas pergi keluar kota tanpa menoleh ke arah mana pun.

Di tengah usaha Nabi Luth Alaihissallam dan keluarga untuk pergi, ternyata sang istri tidak tega meninggalkan kaumnya tersebut dan terus menoleh ke belakang. Sesampainya Nabi Luth Alaihissallam bersama kedua putrinya di perbatasan kota, terjadilah gempa yang maha-dahsyat, angin kencang, serta hujan batu yang menimpa kaum Sodom serta istrinya. Mereka pun musnah seketika.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini