Share

7 Cara Mudah Cegah Varises, Dijamin Berhasil

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Minggu 13 Februari 2022 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 612 2545934 7-cara-mudah-cegah-varises-dijamin-berhasil-zaJPavGvUs.jpg Tips Mencegah Varises. (Foto: Shutterstock)
A A A

CARA mencegah varises di bagian kaki bisa dilakukan dengan 7 langkah. Varises terjadi karena pembuluh darah tidak mampu memompa darah ke kaki dengan cukup, sebab pembuluh darah vena melemah dan tidak mampu menciptakan tekanan yang memadai, sehingga menyebabkan darah naik kembali.

Pada kebanyakan kasus, varises tidak menyebabkan rasa sakit yang berarti. Namun, ada pula beberapa orang yang merasakan sakit luar biasa bila selesai melakukan aktivitas berat.

Efek lain selain merusak penampilan kulit, varises juga bisa menimbulkan komplikasi jika tidak diobati dengan benar. Maka dari itu, alangkah baiknya melakukan pencegahan daripada melakukan pengobatan. Berikut ini 7 cara mudah mencegah varises.

1. Mulai berolahraga

Olahraga menjadi salah satu cara yang ampuh dalam mencegah dan mengatasi berbagai penyakit. Salah satu jenis olahraga yang ampuh untuk mencegah varises adalah berjalan kaki.

Selain itu, gerakan yoga juga dapat menjadi pertimbangan. Pose yang dianjurkan untuk mencegah varises adalah headstand, shoulder stand, atau legs-up-the-wall.

Gerakan-gerakan tersebut dapat membantu meregangkan dan mengencangkan otot-otot pada betis dan paha belakang. Otot tersebut dapat membantu melancarkan sirkulasi pembuluh darah vena.

Mencegah Varises

2. Ubah pola makan

Perlu diketahui, garam atau makanan yang mengandung natrium dapat menyebabkan tubuh menahan air. Jadi, dengan mengurangi makanan asin dan gurih bisa meminimalisasi situasi tersebut.

Oleh karena itu, gantilah dengan zat kalium karena dapat membantu mengurangi retensi air di dalam tubuh, seperti:

- Almond

- Kentang

- Ikan, seperti tuna atau salmon

- Sayur-sayuran

- Kacang-kacangan

Alasan kurangi garam, lantaran mampu meningkatkan berat badan.Bila berat badan yang berlebih, kamu dapat memiliki kecenderungan lebih tinggi dan cepat terkena varises.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Hindari duduk dan berdiri dalam jangka waktu lama

Posisi duduk atau berdiri yang dilakukan dalam kurun waktu yang lama juga bisa menyebabkan varises. Pasalnya, kedua posisi tersebut dapat mempersulit sirkulasi darah pada kaki, sehingga tekanan pada pembuluh darah pun meningkat.

Kondisi tersebut menyebabkan darah menggumpal mulai dari pergelangan kaki hingga betis dan membuatnya bengkak serta lebih pegal. Maka dari itu, istirahatkan kaki dengan meluruskannya atau sekedar menggerak-gerakan kaki, agar dapat memperlancar pembuluh darah.

4. Ubah posisi tidur

Umumnya, ibu hamil sering terkena varises. Salah satu cara agar mencegah perkembangan varises pada kulit saat hamil adalah mengubah posisi tidur ibu hamil. Salah satu caranya dengan tidur menghadap ke kiri.

Posisi tidur ini dapat mengurangi tekanan pada rahim yang membesar dan memperlancar sirkulasi pembuluh darah vena yang ada di panggul sang ibu hamil.

5. Berhenti merokok

Selain menyebabkan kerusakan organ tubuh, merokok juga menimbulkan varises di tubuh. Kandungan berbahaya pada rokok bisa membuat pembuluh darah menjadi kaku dan lebih sempit, sehingga tidak menjadi elastis lagi.

6. Hindari pemakaian baju ketat dan sepatu hak tinggi

Pemakaian baju ketat dapat menghambat aliran darah pada tubuh. Alangkah baiknya kamu memakai pakaian yang lebih longgar, sirkulasi darah kemungkinan besar lebih lancar ke tubuh bagian bawah.

Selain itu, memakai sepatu hak tinggi juga dapat memberatkan tumit sehingga aliran darah terhambat. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan sepatu dengan hak datar untuk memperlancar sirkulasi darah.

7. Rendam kaki dengan air hangat

Penyakit varises berhubungan erat dengan sirkulasi darah yang buruk. Jika kamu seharian berdiri atau duduk, cobalah sesekali merendam kaki dalam air hangat.

Suhu panas dari air bisa mengurangi kekakuan pada otot kaki. Di samping itu membantu melancarkan sirkulasi darah yang tadinya buruk. Dengan begitu, risiko varises secara tidak langsung bisa berkurang.

Demikian cara mudah mencegah varises. Pastikan cara-cara tersebut dilakukan secara rutin untuk membantu mencegah varises muncul.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini