Share

Abu Nawas Gampang Lolos dari Hukuman Dimasak Jadi Bubur, tapi Kok Malah Raja Jadi Korbannya?

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 13 Februari 2022 06:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 12 614 2546167 abu-nawas-gampang-lolos-dari-hukuman-dimasak-jadi-bubur-tapi-kok-malah-raja-jadi-korbannya-HWC1wpvtst.jpg Ilustrasi cerita lucu Abu Nawas lolos dari hukuman dimasak jadi bubur. (Foto: Istimewa)
A A A

CERITA lucu Abu Nawas kali ini tentang sosok tersebut yang mengeluarkan siasat unik supaya bisa lolos dari hukuman dimasak menjadi bubur. Diawali ketika Abu Nawas berkeliling kampung. Suatu ketika ia melewati perkampungan orang-orang suku badui melalui perjalanan yang cukup melelahkan.

Abu Nawas melihat sebuah rumah besar, semacam pasar yang di dalamnya terdapat orang-orang suku badui yang sedang berjualan bubur haris, bubur khas makanan para petani.

Baca juga: Jenguk Temannya yang Sakit, Abu Nawas Kok Malah Undang Orang-Orang Makan Malam 

Merasa lelah, Abu Nawas memilih tidak masuk ke pasar tersebut, apalagi memakan bubur yang terkenal lezat itu. Dia sampai di pinggir sungai dan berteduh di bawah pohon rindang dengan angin sepoi-sepoi.

Abu Nawas menikmati suasana desa yang asri tersebut sampai tertidur. Tidak sadar dalam kondisi terlelap, setelah terbangun, dia kaget sudah berada di dalam penjara.

Abu Nawas menatap seorang dari suku badui yang ada di depannya. "Mengapa aku dipenjara?"

Baca juga: Cuma Modal Tongkat, Abu Nawas Bisa Tunjuk Titik Tengah Bumi, Raja pun Bingung 

"Kau akan kami jadikan campuran bubur haris," jawab warga suku badui itu, seperti dikutip dari nu.or.id, Ahad (13/2/2022).

"Hah? Jadi yang kau jual di tengah desa itu bubur manusia?" tanya Abu Nawas.

"Bersiaplah," ujar orang tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Abu Nawas berkata, "Tubuhku ini kurus, kau tidak akan memperoleh daging yang banyak. Kalau kau setuju, nanti sore akan kubawakan temanku yang bertubuh gemuk."

"Benarkah?" tanya orang itu.

Baca juga: Abu Nawas Pusing Dengar Syair Putra Raja: Lebih Enak Masuk Penjara Saja 

Baca juga: Kisah Lucu Abu Nawas Menangkap Harimau Berjenggot Genit yang Menggoda Istrinya 

"Aku tidak pernah bohong," kata Abu Nawas coba meyakinkan.

Entah kenapa akhirnya orang dari suku badui itu percaya dan melepaskan Abu Nawas. Singkat cerita, Abu Nawas justru membawa Baginda Raja yang menyamar sebagai orang biasa untuk membereskan praktik buruk di desa itu.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini