Share

6 Cara Bertaubat dari Zina, Salah Satunya Cari Lingkungan yang Baik

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Selasa 15 Februari 2022 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 15 330 2547308 6-cara-bertaubat-dari-zina-salah-satunya-cari-lingkungan-yang-baik-uGy013Cz7M.jpg Ilustrasi cara bertaubat dari zina. (Foto: Freepik)
A A A

INILAH 6 cara bertaubat dari zina menurut syariat Islam. Semua orang pernah melakukan suatu dosa di masa lalunya. Namun, pintu ampunan Allah Subhanahu wa Ta’ala terus terbuka sebelum ajal menjemput.

Dikutip dari Konsultasi Syariah, Ustadz Ammi Nur Baits ST BA menjelaskan seperti terdapat dalam firman Allah Subhanahu wa ta'ala yakni dalam Alquran Surat Az-Zumar Ayat 53:

قُلْ يَاعِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

"Katakanlah: 'Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang'." (QS Az-Zumar: 53)

Baca juga: Gara-Gara Mimpi, Abu Nawas dan Santrinya Hancurkan Rumah Hakim, tapi Kok Raja Mendukung? 

Imam Al Hafidz Ibnu Katsir mengatakan:

هذه الآية الكريمة دعوة لجميع العصاة من الكفرة وغيرهم إلى التوبة والإنابة، وإخبار بأن الله يغفر الذنوب جميعا لمن تاب منها ورجع عنها، وإن كانت مهما كانت وإن كثرت وكانت مثل زبد البحر

"Ayat mulia ini merupakan ajakan bagi semua tukang maksiat, baik orang kafir maupun yang lainnya untuk bertaubat dan kembali kepada Allah. Dan berisi informasi bahwa Allah mengampuni semua dosa bagi siapa yang mau bertaubat dan kembali ke jalan Allah. Apapun bentuk dosanya, meskipun sangat banyak, sebanyak buih di lautan." (Tafsir Ibnu Katsir, 7/106)

Tidak terkecuali dosa zina. Allah Subhanahu wa ta'ala membuka kesempatan bagi pelakunya untuk bertaubat. Lantas, bagaimanakah cara bertaubat dari zina?

Baca juga: Ini Cara Beriman kepada Malaikat, Muslimin Wajib Tahu 

Pertama, orang yang berbuat dosa harus menyesali perbuatan tersebut. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

النَّدَمُ تَوْبَةٌ

"Penyesalan adalah hakikat taubat." (HR Ahmad Nomor 3568, Ibnu Majah 4252, dan dishahihkan Syekh Syuaib al Arnauth)

Penyesalan itu harus sungguh-sungguh dilakukan tanpa menunggu dipermalukan di khalayak ramai.

Kedua, berani meninggalkan dosa zina berikut pemicunya. Konsekuensi dari dosa zina adalah meninggalkan dosa zina dan semua pemicunya. Dia harus menghindari jauh dari pasangan zinanya, kecuali setelah menikah.

Ketiga, memiliki tekad kuat agar tidak terjerumus mengulangi dosa zina. Sebab, dosa ini dapat menghalangi hajat seseorang.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Keempat, hendaknya mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan cara beribadah yang benar. Hal itu karena ketaatan bisa menghapuskan kemaksiatan.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ذَلِكَ ذِكْرَى لِلذَّاكِرِينَ

"Dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat." (QS Hud: 114)

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Selasa 15 Februari 2022M/14 Rajab 1443H 

Kelima, carilah lingkungan, teman, atau guru yang baik. Orang yang dapat menuntun ke jalan kebaikan. Sibukkan diri dengan mempelajari ilmu agama agar terhindar dari kemaksiatan.Sibukkan diri dengan kebaikan, semoga bisa menjadi benteng bagi anda untuk melakukan maksiat.

Keenam, rahasiakan dosa ini kepada siapa pun, bahkan kepada orang terdekat. Menceritakan justru akan menambah masalah baru lagi.

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Selasa 15 Februari 2022M/14 Rajab 1443H 

Adapun hukuman cambuk atau rajam kepada pelaku zina hanya boleh dilakukan oleh negara. Lembaga swasta maupun individu tidak berhak memberikan hukuman rajam dan cambuk kepada pelaku zina.

Itulah enam cara bertaubat dari zina. Semoga Allah Azza wa Jalla senantiasa melindungi setiap Muslim dari dosa dan segala kemaksiatan.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini