Share

Catat! Ini Cara Bayar Fidyah Puasa Menggunakan Beras

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 15 Februari 2022 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 15 330 2547317 catat-ini-cara-bayar-fidyah-puasa-menggunakan-beras-teNV7ijMSO.jpg Ilustrasi cara bayar fidyah puasa menggunakan beras. (Foto: Irandaily)
A A A

CARA bayar fidyah puasa perlu diketahui setiap Muslim. Sebab, membayar fidyah hukumnya wajib bagi beberapa orang yang telah dikhususkan oleh Islam. Membayar fidyah dapat dilakukan dengan beras maupun uang.

Fidyah atau "fadaa" dalam bahasa Arab artinya mengganti atau menebus. Penebusan atau penggantian ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang tidak mampu menjalankan kewajiban puasa Ramadhan dan diperbolehkan tidak menggantinya di lain waktu.

Baca juga: Gara-Gara Mimpi, Abu Nawas dan Santrinya Hancurkan Rumah Hakim, tapi Kok Raja Mendukung? 

Hal ini terkandung dalam Surat Al Baqarah Ayat 184:

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

"(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS Al Baqarah: 184)

Baca juga: Ini Cara Beriman kepada Malaikat, Muslimin Wajib Tahu 

Lalu, bagaimana cara bayar fidyah puasa menggunakan beras? Berikut penjelasan lengkapnya.

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya baca dulu kriteria orang-orang yang wajib membayar fidyah:

1. Orang yang sudah tua renta sehingga tidak memungkinkan melaksanakan ibadah puasa.

2. Orang yang tengah mengalami sakit parah.

3. Seorang wanita hamil dan wanita yang tengah menyusui dengan kondisi tertentu dan atas saran dokter tidak diwajibkan untuk berpuasa.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berikut tata cara membayar fidyah menggunakan beras:

Melansir dari situs resmi Baznas, menurut ulama Hanafiyah, fidyah yang harus dibayarkan adalah sebesar 2 mud atau setara dengan ½ sha’ gandum. Jika dikonversikan menjadi sekitar 1,5 kilogram beras.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Selasa 15 Februari 2022M/14 Rajab 1443H 

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Selasa 15 Februari 2022M/14 Rajab 1443H 

Sebagai contoh pembayaran fidyah, apabila ada wanita hamil yang tidak dapat berpuasa selama 30 hari, maka yang harus dilakukan adalah menyediakan 30 takar beras dengan masing-masing 1,5 kg. Fidyah dapat dibayarkan kepada 30 fakir miskin atau beberapa orang.

Demikan penjelasan cara bayar fidyah puasa menggunakan beras. Semoga artikel ini membantu. Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini