Share

Abu Nawas Konsultasi ke Burung saat Ditawari Jadi Menteri, Raja Malah Percaya

Miftah H Yusufpati, Jurnalis · Rabu 16 Februari 2022 06:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 15 614 2547842 abu-nawas-konsultasi-ke-burung-saat-ditawari-jadi-menteri-raja-malah-percaya-SBUyRfQYA1.jpg Ilustrasi Abu Nawas. (Foto: Istimewa)
A A A

ADA-ada saja memang kelakuan kocak Abu Nawas. Kali ini ketika dia hendak diangkat menjadi menteri, tapi kok malah konsultasi dulu dengan burung. Apa hubungannya ya? Aneh banget Abu Nawas.

Berawal dari Abu Nawas mendengar selentingan kabar bahwa Baginda Raja Harun Al Rasyid berencana merombak kabinet. Secara informal Baginda juga pernah mengatakan kepada Abu Nawas akan menempatkan dirinya di salah satu pos kementerian. Seperti diketahui, Abu Nawas sangat tidak suka jabatan. Baginya, jabatan adalah musibah. Apalagi jabatan menteri.

Baca juga: Gara-Gara Mimpi, Abu Nawas dan Santrinya Hancurkan Rumah Hakim, tapi Kok Raja Mendukung? 

Semasa hidup, ayah Abu Nawas yakni Syekh Maulana adalah seorang kadi atau hakim. Ketika ayahnya meninggal, Raja ingin menunjuk Abu Nawas sebagai penggantinya. Kala itu Abu Nawas tak berani menolak sehingga ia berlagak gila. Akibatnya, gagallah rencana Raja. Begitu sudah dianggap waras, maka Raja mengangkat Abu Nawas menjadi semacam staf khusus. Jabatan tinggi tanpa pekerjaan yang njelimet.

Mengapa Abu Nawas menolak jabatan? Ini karena pesan ayahnya ketika sakit parah. Kala itu sang ayah memanggil Abu Nawas. "Hai anakku, aku sudah hampir mati. Sekarang ciumlah telinga kanan dan telinga kiriku."

Abu Nawas segera menuruti permintaan terakhir ayahnya. la cium telinga kanan sang ayah, ternyata berbau harum, sedangkan yang sebelah kiri berbau sangat busuk. "Bagamaina anakku? Sudah kau cium?"

"Benar ayah!"

"Ceritakankan dengan sejujurnya, baunya kedua telingaku."

"Aduh Ayah, sungguh mengherankan, telinga Ayah yang sebelah kanan berbau harum sekali. Tapi yang sebelah kiri kok baunya amat busuk?" ujar Abu Nawas.

"Hai anakku Abu Nawas, tahukah apa sebabnya bisa terjadi begini?"

"Wahai ayahku, cobalah ceritakan kepada anakmu ini."

Baca juga: Kangen Abu Nawas, Raja Lampiaskan dengan Numpang Buang Air, Kok Aneh? 

Berkata Syekh Maulana, "Pada suatu hari datang dua orang mengadukan masalahnya kepadaku. Yang seorang aku dengarkan keluhannya. Tapi yang seorang lagi karena aku tak suka maka tak kudengar pengaduannya. Inilah risiko menjadi Kadi. Jika kelak kau menjadi Kadi maka kau akan mengalami hal yang sama, namun jika kau tidak suka menjadi Kadi maka buatlah alasan yang masuk akal agar kau tidak dipilih sebagai kadi oleh Raja Harun Al Rasyid."

Nah, itulah sebabnya Abu Nawas pura-pura menjadi gila dalam menolak permintaan Raja menjadi kadi. Seorang kadi atau penghulu pada masa itu kedudukannya seperti hakim yang memutus suatu perkara.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Walaupun Abu Nawas tidak menjadi kadi namun dia sering diajak konsultasi oleh sang Raja untuk memutus suatu perkara. Bahkan, ia kerap kali dipaksa datang ke istana hanya sekadar untuk menjawab pertanyaan Raja yang aneh-aneh dan tidak masuk akal. Jabatan Abu Nawas ya semacam staf khusus itu.

Nah, kini bagaimana cara menolak permintaan Baginda agar dirinya menjadi menteri, membuat Abu Nawas bingung. Salah satu jalan adalah menghindar bertemu Raja. Abu Nawas bersembunyi di rumah. Kepada istrinya dia berpesan, jika ada utusan Raja datang, "Katakan saya sedang uzlah di gunung." Uzlah adalah mengasingkan diri.

Baca juga: Abu Nawas Gampang Lolos dari Hukuman Dimasak Jadi Bubur, tapi Kok Malah Raja Jadi Korbannya? 

Benar saja, utusan Raja datang ke rumah setelah selama sepekan lebih Abu Nawas menghilang. Ketika utusan itu datang, si cerdik ini bersembunyi di kolong tempat tidur. Istrinya yang lugu ini mengatakan pesan Abu Nawas kepada utusan Raja. "Suamiku sedang menyepi di gunung," katanya.

"Gunung mana?"

"Tidak tahu. Dia bilang di gunung. Begitu saja."

Utusan Raja bingung setengah mati. Apa yang akan disampaikan kepada Raja nanti. Benar saja, Raja marah-marah begitu menerima laporan utusannya. "Cari di mana Abu Nawas. Harus ketemu," titahnya.

Sementara itu, Abu Nawas langsung berangkat ke hutan begitu utusan itu balik ke istana. Dia berpesan kepada istrinya jika utusan itu datang lagi bilang saja, "Saya di hutan sana."

Utusan disertai beberapa pengawal Raja datang juga ke rumah. Istrinya pun menunjukkan di mana suaminya berada.

Abu Nawas sedang duduk di mulut sebuah gua di hutan sambil bicara sendiri ketika utusan dan pengawal datang. "Hai Abu Nawas, Raja mencarimu. Cepatlah!" kata utusan Raja.

"Sebentar, saya sedang ngobrol dengan burung itu," ujar Abu Nawas sembari menunjuk seekor burung yang bertengger di dahan pohon.

"Ah, kau gila ya?"

Baca juga: Jenguk Temannya yang Sakit, Abu Nawas Kok Malah Undang Orang-Orang Makan Malam 

Abu Nawas menunjukkan wajah serius. "Saya sedang bicara dengan burung. Diamlah. Ini menyangkut masa depan Raja," ujar Abu Nawas meyakinkan.

Utusan Raja terheran-heran. Mau tak mau mereka pun sabar menanti sembari menyaksikan tingkah Abu Nawas yang aneh itu.

Tidak lama kemudian, Abu Nawas ngeloyor menaiki keledainya. Utusan dan pengawal Raja mengawalnya sampai istana.

Begitu sampai di istana, Abu Nawas duduk di tempat biasa. Sedangkan utusan menemui Raja di ruang lain. Sang utusan bercerita bahwa Abu Nawas setengah gila.

"Hamba lihat Abu Nawas bicara dengan burung," ujar utusan berkisah.

Raja penasaran juga. "Ke mana saja kamu?" tanya Raja begitu melihat Abu Nawas berada di depannya.

"Mohon ampun Baginda Raja, hamba sedang menjalankan mimpi hamba untuk uzlah ke hutan," jawab Abu Nawas.

Baca juga: Cuma Modal Tongkat, Abu Nawas Bisa Tunjuk Titik Tengah Bumi, Raja pun Bingung 

"Mimpi apa?"

"Mimpi bertemu ayah hamba. Beliau berpesan agar hamba menyepi untuk sementara waktu agar dapat wangsit," ujar Abu Nawas.

"Terus sekarang sudah dapat wangsit?" tanya Baginda Raja penasaran.

"Sudah Baginda," jawab Abu Nawas.

"Apa wangsit yang kamu peroleh?"

"Mohon ampun Baginda. Ini tentang Baginda."

"Hah, tentang saya? Tentang apa itu?" desak Baginda, "Ayo ceritakan."

"Berdasarkan cerita burung, jika Baginda hendak melakukan reshuffle para menteri hendaknya memilih figur-figur yang benar-benar lebih baik dari menteri yang ada saat ini," tutur Abu Nawas.

"Ya, sudah pasti itu," sergah Baginda. "Memangnya kamu bisa berbicara dengan burung?" tanya Baginda memastikan.

"Begitulah, Baginda," jawab Abu Nawas mantap. "Berdasarkan cerita burung, Baginda hendaknya jangan mengangkat menteri yang ciri-cirinya seperti saya," lanjut Abu Nawas.

"Ah, burung kok dipercaya," ujar Baginda tertawa. "Jadi kamu menolak menjadi menteri?" tanya Baginda kemudian.

"Bukan begitu, Baginda. Ini berdasar cerita burung jika Baginda ingin negeri ini baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur," ujar Abu Nawas. "Burung itu adalah burung ghaib. Burung yang dikirim dari langit," lanjut Abu Nawas serius.

Baca juga: Abu Nawas Pusing Dengar Syair Putra Raja: Lebih Enak Masuk Penjara Saja 

Baginda Raja tampaknya mulai memercayai juga omongan Abu Nawas. Apalagi begitu melihat wajah si cerdik ini yang serius. Lagi pula untuk apa Abu Nawas menyepi di hutan jika itu tidak masalah serius?

"Lalu, jika kamu tetap saya tunjuk jadi menteri, apa yang akan terjadi?" ujar Baginda setelah lama terdiam.

"Petaka, Baginda Raja," jawab Abu Nawas spontan.

Baginda Raja geleng-geleng kepala. "Baik kalau begitu, tapi ada syaratnya. Bantu saya memilih figur-figur yang cocok untuk menteri mendatang," ujar Baginda Raja kemudian.

Abu Nawas pun segera mengiyakan. Ia mohon diri, pulang dengan langkah ringan. Ia girang setengah mati bisa lolos dari jabatan yang sarat masalah itu.

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini