Share

Jelang Ramadhan, Lakukan 6 Persiapan Ini agar Raih Banyak Pahala

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 17 Februari 2022 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 616 2548520 jelang-ramadhan-lakukan-6-persiapan-ini-agar-raih-banyak-pahala-KWeYWiguCQ.jpg Ilustrasi persiapan menjelang bulan Ramadhan. (Foto: Freepik)
A A A

TIDAK lama lagi kaum Muslimin menyambut datangnya bulan Ramadhan 1443H/2022M. Ramadhan sangat dinantikan karena penuh rahmat dan maghfirah. Bulan Ramadhan adalah waktu ketika Allah Subhanahu wa ta'ala mewajibkan hamba-hamba-Nya menunaikan puasa wajib.

Ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan kaum Muslimin menjelang bulan Ramadhan. Tujuannya agar ibadah di bulan mulia tersebut lebih berkah dan mendatangkan pahala melimpah. Apa saja? Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari buku 'Ramadhan di Tengah Wabah' karya Ahmad Syaikhu.

Baca juga: Abu Nawas Kejatuhan 100 Keping Perak saat Berdoa, Kok Malah Tetangganya Marah-Marah? 

1. Berdoa agar dipertemukan dengan Ramadhan

Para ulama terdahulu begitu sungguh-sungguh berdoa, bahkan sejak enam bulan sebelumnya, dan selama enam bulan berikutnya.

2. Menuntaskan puasa tahun lalu

Seharusnya setiap Muslim mengganti utang puasa sesegera mungkin sebelum datang Ramadhan berikutnya. Menunda ganti puasa sampai masuk Ramadhan berikutnya adalah perbuatan dosa. Namun jika seseorang memiliki kesibukan atau halangan tertentu seperti seorang ibu yang menyusui anaknya, bisa diganti pada bulan Syakban.

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Kamis 17 Februari 2022M/16 Rajab 1443H 

3. Persiapan jiwa dan spiritual

Mempersiapkan diri lahir dan batin untuk melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya. Caranya dengan hati yang ikhlas dan praktek ibadah yang sesuai petunjuk dan sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Penyucian jiwa dengan berbagai amal ibadah dapat melahirkan keikhlasan, kesabaran, tawakal dan amalan hati lainnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Persiapan keilmuan (memahami fikih puasa)

Mua'dz bin Jabal radhiyallahu anhu berkata: "Hendaklah kalian memerhatikan ilmu, sebab mencari ilmu karena Allah adalah ibadah."

Oleh karena itu, dengan ilmu dapat mengetahui cara berpuasa yang benar sesuai petunjuk Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Selain mendapat pahala karena mencari ilmu, juga bisa berpuasa sesuai petunjuk.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Kamis 17 Februari 2022M/16 Rajab 1443H 

Baca juga: Jelang Ramadhan, Segera Bayar Utang Puasa, Simak 5 Caranya yang Tepat 

5. Persiapan fisik yaitu menjaga kesehatan

Bulan Ramadhan juga perlu menjaga fisik agar tetap sehat dan kuat. Kesehatan merupakan modal utama dalam beribadah. Orang yang sehat dapat melakukan ibadah dengan baik.

6. Persiapan dana (finansial)

Selama bulan Ramadhan, setiap Muslim dianjurkan memperbanyak amal salih seperti infak, sedekah, dan ifthar (memberi makan buka puasa). Maka itu, sebaiknya dibuat sebuah agenda keuangan yang dialokasikan untuk kegiatan tersebut selama bulan Ramadhan.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ramadhan Gemar Makan Kurma, Terungkap Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini