Share

Doa saat Kenyataan Belum Sesuai Harapan: Arab, Latin, hingga Artinya

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 22 Februari 2022 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 618 2551184 doa-saat-kenyataan-belum-sesuai-harapan-arab-latin-hingga-artinya-dz9DzMVCBN.jpg Ilustrasi doa saat kenyataan belum sesuai harapan. (Foto: Shutterstock)
A A A

DOA saat kenyataan belum sesuai harapan hendaknya diketahui setiap Muslim. Bertujuan membuat diri jadi lebih ikhlas menerima kenyataan hidup yang telah ditakdirkan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Diketahui bahwa doa dan permintaan adakalanya tertunda atau belum terkabul. Harapan manusia belum terwujud karena ada sebab-sebab yang hanya Allah Subhanahu wa ta'ala yang mengetahuinya.

Baca juga: Aurel Hermansyah Melahirkan, Baca Doa Ini agar Baby A Diberkahi Allah Ta'ala 

Ketika permintaan belum terkabul, doa belum terwujud, dan kenyataan belum sesuai harapan, kaum Muslimin tetap dianjurkan untuk berdoa, memuji Allah Azza wa Jalla. Bentuk ungkapan doa dan pujian kepada Allah ini termaktub dalam kitab Ihya Ulumiddin karya Imam Al-Ghazali (Beirut, Darul Fikr: 2018M/1439-1440H, juz I, halaman 409).

Berikut ini doa saat kenyataan belum sesuai harapan, lengkap tulisan Arab, terjemahan latin, hingga artinya; sebagaimana dikutip dari nu.or.id:

الحَمْدُ لِلهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Alhamdulillahi ‘ala kulli halin.

Artinya: "Segala puji bagi Allah atas segala hal."

Baca juga: 44 Tahun Masjid Istiqlal, Dirancang Arsitek Non-Muslim Pemenang Sayembara Bung Karno 

Sayyid Muhammad Az-Zabidi dalam Kitab Ithafus Sadatil Muttaqin (Syarah Ihya Ulumiddin) mengatakan hadis ini diriwayatkan Imam Al Hakim dari Aisyah Radhiyallahu anha dan Ibnu Majah. (Az-Zabidi, Ithaf, [Beirut, Muassasatut Tarikh Al-Arabi: 1994 M/1414 H], juz V, halaman 105).

Doa ini, kata Az-Zabidi, secara umum merupakan pujian kepada Allah ketika kita menyaksikan sesuatu yang kurang kita sukai. Tetapi doa ini dapat dibaca ketika hajat kita belum terkabul, belum sembuh dari penyakit, atau berbagai kenyataan lainnya yang belum sesuai harapan dan doa.

Wallahu a'lam bissawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini