Share

Abu Nawas Hancurkan Istana Gara-Gara Lalat di Makanannya, Raja Cuma Bengong, Kok Bisa?

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 06:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 614 2551997 abu-nawas-hancurkan-istana-gara-gara-lalat-di-makanannya-raja-cuma-bengong-kok-bisa-2ElqD2JpF9.jpg Ilustrasi Abu Nawas. (Foto: Istimewa)
A A A

ABU Nawas selalu berbuat hal-hal di luar nalar. Kali ini ia berani menghancurkan istana Baginda Raja Harun Al Rasyid. Bermula ketika Raja bermimpi di bawah rumah Abu Nawas tertanam harta karun melimpah.

Saat matahari terbit, Raja langsung memerintahkan para pengawal menggali tanah di rumah Abu Nawas. Abu Nawas dan istrinya pun kebingungan karena rumahnya hancur akibat penggalian itu.

Baca juga: Kocak! Abu Nawas Takut Dimarahi Majikannya, Coba Bunuh Diri Minum Madu, Eh Malah Kekenyangan 

"Ada apa ini? Kenapa rumahku dihancurkan?" ucap Abu Nawas terkaget-kaget, seperti dikutip dari nu.or.id, Kamis (24/2/2022).

"Tadi malam Raja bermimpi di bawah rumahmu terpendam emas dan permata yang tidak ternilai harganya," jelas salah seorang pengawal.

Baca juga: Abu Nawas Langsung Kenyang Usai Mimpi Bertemu Nabi Daud, Kok Bisa? 

Tetapi setelah mereka terus menggali ternyata emas dan permata itu tidak ditemukan. Raja juga tidak meminta maaf kepada Abu Nawas, apalagi mengganti kerugian.

Abu Nawas dan istrinya hanya termenung dan sangat kesal atas perbuatan Raja. Tapi apa daya, mereka tidak bisa melakukan apa-apa. Abu Nawas sampai tidak doyan makan. Makanan yang dihidangkan istrinya didiamkan begitu saja sampai basi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Keesokan harinya, Abu Nawas melihat lalat-lalat mulai menyerbu makanan yang sudah basi itu. Lalu dia segera menuju istana dengan membawa makanan basi yang sudah dipenuhi lalat tersebut sambil membawa pentungan besi.

Istrinya agak bingung apa yang hendak dilakukan suaminya itu. Setelah sampai istana, Abu Nawas berkata, "Maaf Baginda Raja, hamba hanya ingin melaporkan tamu-tamu tidak diundang ke rumah saya dan tanpa izin memakan makanan saya," sambil menunjukkan lalat-lalat yang masih hinggap di makanan tersebut.

Baca juga: Unik! Abu Nawas Beri Potongan Setengah Masa Hukuman Tahanan Seumur Hidup, Gimana Caranya? 

"Lalu, apa yang perlu saya bantu?" tanya Raja.

"Hamba butuh keadilan Raja," jawab Abu Nawas.

"Keadilan yang seperti apa?" tanya Raja lagi.

"Hamba hanya ingin izin tertulis dari Raja sendiri agar hamba bisa dengan leluasa menghukum lalat-lalat itu," ucap Abu Nawas.

Baca juga: Gempar! Abu Nawas Bangun Istana di Langit, Gimana Caranya? 

Tidak berpikir panjang, Raja membuat surat izin yang isinya memperkenankan Abu Nawas memukul lalat-lalat tersebut di mana pun mereka hinggap.

Dengan sebatang besi yang dibawa dari rumah, Abu Nawas memukul lalat-lalat yang hinggap di semua barang milik istana. Raja hanya bengong melihat istananya hancur porak-poranda oleh Abu Nawas.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini