Share

Jelang Ramadhan, Lakukan 8 Persiapan Ini Supaya Kuat Menjalankan Puasa

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 616 2552215 jelang-ramadhan-lakukan-8-persiapan-ini-supaya-kuat-menjalankan-puasa-Zmq2daryOq.jpg Ilustrasi tips kuat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. (Foto: Shutterstock)
A A A

TIDAK terasa kaum Muslimin akan memasuki bulan Ramadhan 1443 Hijriah. Segala persiapan pun wajib dilakukan supaya kuat menjalankan puasa dan ibadah lainnya di momen penuh rahmat ini.

Terlebih lagi puasa Ramadhan tahun ini masih dalam situasi pandemi covid-19. Kemudian munculnya cuaca ekstrem akhir-akhir ini yang bisa membuat diri harus ekstra mempersiapkan kesehatan tubuh agar ibadah Ramadhan tetap lancar.

Nah, persiapan apa yang bisa dilakukan agar puasa Ramadhan kali ini berjalan lancar? Berikut ulasan singkatnya, seperti dirangkum dari Musliminc.

Baca juga: Terungkap! Ini Hikmah Isra Miraj di Balik Perintah Sholat Lima Waktu Sehari Semalam 

1. Puasa lebih awal

Beberapa waktu sebelum bulan Ramadhan disarankan melakukan puasa-puasa sunah. Cara ini dinilai sangat membantu karena dapat memberikan gambaran nyata pada tubuh tentang apa yang akan dijalani selama satu bulan mendatang.

Info grafis anak puasa Ramadhan. (Foto: Okezone)

2. Tidur teratur

Jika sering tidur larut malam, usahakan untuk tidur lebih awal dan teratur agar bisa bangun untuk makan sahur. Ingat bahwa di bulan Ramadhan harus tetap bekerja atau beraktivitas seperti hari-hari biasa. Jadi, simpan energi tubuh.

3. Sarapan lebih awal

Mulailah sarapan lebih awal, sehingga tubuh jadi bisa beradaptasi dengan rutinitas makan sahur nanti. Terutama bagi orang-orang yang sehari-hari cenderung biasa tidak sarapan pagi.

Baca juga: Kemenag Akan Gunakan Kriteria Baru untuk Menentukan Awal Bulan Hijriah 

4. Konsultasi ke dokter

Jika menderita penyakit tertentu dan tidak yakin apakah aman menjalani puasa Ramadhan, segera hubungi dokter untuk berkonsultasi. Sehingga, menjadi tahu apakah kondisi kesehatan diri baik-baik saja jika berpuasa.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Atur porsi makan

Cobalah sebisa mungkin untuk tidak belanja makanan secara berlebihan. Ini hanya akan meningkatkan nafsu makan sehingga membuat bulan Ramadhan terasa sulit dijalani.

Baca juga: Abu Nawas Hancurkan Istana Gara-Gara Lalat di Makanannya, Raja Cuma Bengong, Kok Bisa? 

6. Stok bahan makanan

Meal planning sebelum bulan Ramadhan disebutkan bisa membuat seseorang siap menjalani ibadah puasa lebih nyaman, karena sudah memiliki menu makanan sahur dan berbuka selama tujuh hari pertama bulan Ramadhan. Lalu yang terpenting menjadi tahu bahan makanan apa saja yang perlu dibeli serta tersedia stoknya di rumah.

7. Hindari mengemil

Menghindari snacking time atau waktu mengemil sebelum bulan Ramadhan. Ini sangat membantu tubuh dan diri beradaptasi dengan kebiasaan makan hanya dua kali dalam sehari saat Ramadhan, yakni sahur dan berbuka puasa.

Baca juga: Humor Gus Baha: Rokok Barang Haram, Ya Sebaiknya Dibakar Saja 

8. Hindari asupan kafein

Bagi penggemar kopi, coba kurangi atau hentikan sama sekali asupan kafein sehari-hari. Bisa coba mulai mengurangi jumlah gelas kopi yang diminum. Batasi hanya satu cangkir per hari, lalu mulailah minum kopi tanpa kafein sampai benar-benar bisa tidak meminumnya sama sekali.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini