Share

Isra Miraj: Apa Itu Baitul Makmur dan Baitul Izzah yang Dilihat Rasulullah di Atas Langit?

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Jum'at 25 Februari 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 330 2552777 isra-miraj-apa-itu-baitul-makmur-dan-baitul-izzah-yang-dilihat-rasulullah-di-atas-langit-jozlFPmfel.jpg Ilustrasi mengenal Baitul Makmur dan Baitul Izzah dalam peristiwa Isra Miraj. (Foto: Freepik)
A A A

TIDAK banyak yang tahu bahwa ternyata ada dua rumah di langit. Keduanya bernama Baitul Makmur dan Baitul Izzah. Mengenai Baitul Makmur, Allah Subhanahu wa ta'ala menjadikan tempat ini sebagai sumpahnya di Surat Ath-Thur Ayat 4, "Demi Baitul Ma’mur."

Dikutip dari kanal YouTube Yufid.TV, Jumat (25/2/2022), Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam pernah menceritakan tentang peristiwa Isra Miraj. Dari sahabat Malik bin Sha’sha’ah bahwa Nabi menceritakan:

"Kami mendatangi langit ketujuh. Lalu aku mendatangi Nabi Ibrahim, aku memberi salam kepadanya dan beliau menyambut, 'Selamat datang putraku, sang Nabi.' Lalu aku melihat Baitul Makmur. Aku pun bertanya kepada Jibril. Lalu beliau menjawab, 'Ini adalah Baitul Makmur, setiap hari, tempat ini dikunjungi 70.000 malaikat untuk melakukan sholat di sana. Setelah mereka keluar, mereka tidak akan kembali lagi ke tempat ini'." (HR Bukhari Nomor 3207 dan Muslim 162)

Baca juga: Geger! Abu Nawas Bangun dari Keranda, Semua Orang Ketakutan Lari Tunggang Langgang 

Info grafis Isra Miraj. (Foto: Okezone)

Baca juga: Surat Al Kahfi Ayat 1-110 Lengkap Terjemahan Beserta Keutamaannya Dibaca Setiap Hari Jumat 

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam juga bersabda, "Baitul Makmur ada di langit ketujuh, setiap hari dimasuki oleh 70.000 malaikat, dan mereka tidak kembali lagi." (HR Ahmad Nomor 12558 dan dishahihkan Syekh Syuaib Al Arnauth)

Adapun Baitul Izzah adalah tempat di langit dunia. Mengenai keberadaannya disebutkan dalam riwayat Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan, "Alquran dipisahkan dari Ad-Dzikr (Lauhul Mahfudz) lalu diletakkan di Baitul Izzah di langit dunia. Kemudian Jibril menyampaikannya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam." (HR Hakim dalam Al-Mustadrak 2/223, Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf 10/533, dan dishahihkan oleh Adz-Dzahabi)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Az-Zarqani memberikan komentar untuk riwayat Ibnu Abbas, hadis ini mauquf sampai Ibnu Abbas, hanya saja dihukumi marfu’ sebagaimana sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam. Berdasarkan kaidah bahwa perkataan sahabat, untuk masalah di luar logika, dan dia bukan termasuk orang yang suka menerima berita israiliyat, maka status perkataannya sama seperti sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam.

Beliau melanjutkan, tidak diragukan bahwa turunnya Alquran ke Baitul Izzah termasuk berita ghaib yang tidak bisa diketahui kecuali melalui Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam yang ma’shum. Dan Ibnu Abbas juga bukan orang yang dikenal suka menerima berita israiliyat, sehingga perkataan beliau dalam hal ini boleh dijadikan dalil. (Manahil al-Urfan, 1/45)

Wallahu a'lam bissawab.

Baca juga: Alquran Surat Yasin Ayat 1-83 Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia 

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Jumat 25 Februari 2022M/24 Rajab 1443H 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini