Share

Simak! Ini Doa ketika Mendengar Gonggongan Anjing pada Malam Hari

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 25 Februari 2022 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 618 2553085 simak-ini-doa-ketika-mendengar-gonggongan-anjing-pada-malam-hari-1X7tzSR5TY.jpg Ilustrasi doa ketika mendengar gonggongan anjing pada malam hari. (Foto: Shutterstock)
A A A

BEBERAPA waktu belakangan mendadak viral soal gonggongan anjing. Tapi tahukah Anda bahwa agama Islam sudah lama menjelaskan tentang suara hewan berkaki empat tersebut. Ada doa yang bisa dipanjatkan ketika mendengar gonggongan anjing pada malam hari.

Dikutip dari laman Muslimafiyah, umat Islam disunahkan membaca doa saat mendengar suara atau gonggongan anjing pada malam hari. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

Baca juga: Soal Pernyataan Menag, Wagub Jabar: Tidak Elok Mentasbihkan Azan dengan Gonggongan Anjing 

إِذَا سَمِعْتُمْ نُبَاحَ الْكِلاَبِ وَنَهِيْقَ الْحَمِيْرِ بِاللَّيْلِ، فَتَعَوَّذُوْا بِاللهِ فَإِنَّهُنَّ يَرَيْنَ مَا لاَ تَرَوْنَ.

"Apabila kalian mendengar gonggongan anjing dan ringkikan keledai pada malam hari, maka mintalah perlindungan (ta’awwudz) kepada Allah, karena mereka melihat sesuatu yang tidak kalian lihat." (Diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah Nomor 29797; Ahmad 3/306 dan 355; Al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad nomor 1234)

Baca juga: Wamenag: Pak Menteri Tidak Ada Niat Bandingkan Azan dengan Gonggongan Anjing, Itu Tamsil 

Syekh Al-Mubarakfuri rahimahullah menerangkan:

أي اعتصموا به منه بأن يقولأحدكم أعوذ بالله من الشيطان الرجيم أو نحو ذلك من صيغ التعوذ فإنه أي الحمار رأى شيطانا

"Berlindunglah kepada Allah, misalnya dengan mengucapkan 'A’udzu billahi minas syaithanir raajim' atau yang lainnya dari lafadz ta'awwudz. Karena keledai tersebut melihat syaitan." (Tuhfatul Ahwadzi 9/300, Darul Kutub Al-‘Ilmiyyah, Beirut, syamilah)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berkata qadhi ‘Iyadh rahimahullah:

قال عياض وفائدة الأمر بالتعوذ لما يخشى من شر الشيطان وشر وسوسته فيلجأ إلى الله في دفع ذلك

"Faedah dari perintah agar ber-ta'awwudz karena dikhawatirkan kejelakan/kejahatan dari setan dan waswas, maka segeralah berlindung kepada Allah untuk mencegah hal tersebut." (Fathul Baari Ibnu hajar AL-Asqalani, 6/353, Darul Ma’rifah, Beirut, 1379 H, syamilah)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Viral soal Azan dan Gonggongan Anjing, Kemenag: Tidak Membandingkan tapi Mencontohkan 

Baca juga: Viral Azan Dibandingkan Gonggongan Anjing, MUI Kritik Keras 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini