Share

Isra Miraj, Nabi Musa Menangis Bertemu Rasulullah di Langit Keenam, Syekh Ali Jaber Ungkap Penyebabnya

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 28 Februari 2022 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 28 330 2554052 isra-miraj-nabi-musa-menangis-bertemu-rasulullah-di-langit-keenam-syekh-ali-jaber-ungkap-penyebabnya-Pu4pZBm3K3.jpg Syekh Ali Jaber. (Foto: Dok RCTI)
A A A

PERISTIWA besar Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang diingat oleh kaum Muslim salah satunya adalah Isra Miraj. Mendiang Syekh Ali Jaber pun pernah menjelaskan 10 peristiwa besar dalam perjalanan Isra Miraj Rasulullah.

Syekh Ali Jaber menerangkan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengawali perjalanannya dari Makkah di Arab Saudi ke Masjid Al Aqsa di Palestina. Sebelum ke Masjid Al Aqsa, Nabi bertemu Malaikat Jibril bersama hewan mirip kuda (buraq) yang dapat terbang.

Baca juga: Isra Miraj: Ini Batu Saksi Bisu Perjalanan Nabi ke Langit Ketujuh 

Info grafis Isra Miraj. (Foto: Okezone)

"Dari Makkah ke Masjid Al Aqsa dalam waktu singkat, bersama Malaikat jibril naik buraq," ujar Syekh Ali Jaber dalam tayangan di kanal YouTube pribadinya.

Sesampainya di Masjid Al Aqsha, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bertemu banyak nabi yang sedang menunggunya untuk melaksanakan sholat berjamaah. Beliau menjadi imam dalam sholat tersebut.

Baca juga: 20 Ucapan Isra Miraj Penuh Makna, Cocok Dibagikan di Medsos 

Kemudian Nabi Muhammad dalam perjalanan keduanya naik ke langit pertama. Di sana, Nabi bertemu Nabi Adam Alaihissallam dengan luas setiap langitnya sekira 500 tahun lamanya.

"Tidak ada manusia selain Rasulullah yang boleh sampai ke posisi tertinggi di alam semesta ini. hanya Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Luasnya satu langit sama dengan 500 tahun," sambung Syekh Ali Jaber.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam perjalanan selanjutnya, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam naik ke langit ketiga bertemu Nabi Isa Alaihissallam dan Nabi Yahya Alaihissallam. Kemudian perjalanannya naik ke langit keempat bertemu Nabi Idris Alaihissallam, tapi ada riwayat mengatakan bertemu Nabi Yusuf Alaihissallam, di mana wajah Nabi Yusuf bersinar.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam melanjutkan ke langit kelima bertemu Nabi Harun Alaihissallam dan terakhir bertemu Nabi Musa Alaihissallam di langit keenam.

Baca juga: Kisah Dian Sastrowardoyo Jadi Mualaf di Momen Isra Miraj: Murni dari Hatiku Tanpa Paksaan 

"Ketika berjumpa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, Nabi Musa Alaihissallam tahu ini nabi terakhir (akhir zaman) dan dia menangis. Lalu Nabi Muhammad bertanya kenapa menangis? Dia menjawab bahwa ada nabi yang punya umat lebih banyak yang masuk surga dariku," jelasnya.

Pada akhir perjalanannya, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ke langit ketujuh, bertemu Nabi Ibrahim Alaihissallam. Ketika beliau datang melihat Nabi Ibrahim sedang bersandar tepat di atas Kakbah dan ribuan malaikat sedang melakukan tawaf. Di akhir Nabi Muhammad menemui Allah Subhanahu wa ta'ala dan diberikan ilham.

Baca juga: Hikmah Isra Miraj Dirasakan Sampai Sekarang, Apa Itu? Ini Kata Ustadz Das'ad Latif 

"Tujuh puluh ribu malaikat lakukan tawaf. Para malaikat yang sudah tawaf pertama tidak boleh tawaf lagi sampai akhir hayat, karena masih banyak lagi malaikat belum tawaf. Kemudian Nabi Shallallahu alaihi wassallam naik lagi bertemu Allah Subhanahu wa ta'ala dengan menyebutkan Allah Assallam, kemudian Allah Subhanahu wa ta'ala mengilhamkan," ucap Syekh Ali Jaber.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini