Share

Keutamaan Puasa Sunah di Bulan Syaban, Sangat Luar Biasa Besar, Sayang jika Dilewatkan

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 03 Maret 2022 07:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 03 330 2555641 keutamaan-puasa-sunah-di-bulan-syaban-sangat-luar-biasa-besar-sayang-jika-dilewatkan-h9PAhlXoyC.jpg Ilustrasi keutamaan puasa sunah di bulan Syaban. (Foto: Shutterstock)
A A A

BULAN Syaban diperkirakan tahun ini akan masuk bertepatan dengan tanggal 4 Maret 2022 Masehi. Seluruh umat Islam pun danjurkan memperbanyak amalan salih di bulan ini. Salah satunya menjalankan puasa sunah.

Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur Ustadz Asroni Al Paroya mengatakan salah satu sunah pada bulan Syaban adalah menjalankan puasa sunah karena terdapat banyak keberkahan di dalamnya.

Baca juga: Simak! 5 Amalan Bulan Syaban Beserta Keistimewaannya yang Luar Biasa Besar 

Menjalankan puasa sunah di bulan Syaban, kata Ustadz Asroni, memiliki banyak keutamaan, seperti dibukakan pintu ampunan seluas-luasnya. Oleh karena itu, jangan lewatkan memperbanyak puasa di bulan Syaban.

"Syaban berarti bulan penuh berkah dan kebaikan. Pada waktu ini Allah Subhanahu wa ta'ala membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya. Karenanya, dianjurkan memperbanyak ibadah sunah seperti puasa," ujar Ustadz Asroni saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca juga: Catat! Awal Bulan Syaban 1443H Jatuh pada 4 Maret 2022M, Ini Keutamaannya 

Berdasarkan riwayat dari Aisyah, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ، فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ

"Belum pernah Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam berpuasa satu bulan yang lebih banyak daripada puasa bulan Syaban. Terkadang hampir beliau berpuasa Syaban sebulan penuh." (HR Al Bukhari dan Muslim)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menjalankan puasa sunah di bulan Syaban juga sekaligus melatih diri untuk berpuasa penuh saat Ramadhan nanti. Terlebih lagi melakukan puasa sunah tersebut juga menjalankan anjuran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Baca juga: Cuma Ngajak Makan Malam, Abu Nawas Bisa Sembuhkan Penyakit Temannya, Luar Biasa! 

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Kamis 3 Maret 2022M/30 Rajab 1443H 

Salah seorang ulama besar, Sayyid Muhammad mengatakan bahwa Syaban merupakan salah satu bulan yang penuh kebaikan.

وسمي شعبان لأنه يتشعب منه خير كثير، وقيل معناه شاع بان، وقيل مشتق من الشِعب (بكسر الشين) وهو طريق في الجبل فهو طريق الخير، وقيل من الشَعب (بفتحها) وهو الجبر فيجبر الله فيه كسر القلوب، وقيل غير ذلك.

"Bulan ini dinamai dengan sebutan Syaban karena banyak cabang-cabang kebaikan pada bulan mulai ini. Sebagian ulama mengatakan Syaban berasal dari Sya'a ban yang bermakna terpancarnya keutamaan. Menurut ulama lainnya, Syaban berasal dari kata Asy-Syi'bu (dengan kasrah pada huruf syin), sebuah jalan di gunung, yang tidak lain adalah jalan kebaikan."

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Kamis 3 Maret 2022M/30 Rajab 1443H 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini