Share

5 Doa Memohon Anak yang Saleh dan Salehah, Sesuai Tuntunan Nabi

Hantoro, Jurnalis · Kamis 03 Maret 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 03 618 2555734 5-doa-memohon-anak-yang-saleh-dan-salehah-sesuai-tuntunan-nabi-uaeqTGGQcF.jpg Ilustrasi doa memohon anak yang saleh dan salehah. (Foto: Freepik)
A A A

DOA memohon anak yang saleh dan salehah hendaknya diketahui setiap orangtua Muslim. Berharap Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan keturunan yang bertakwa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dikutip dari Rumaysho, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc menjelaskan banyak doa memohon anak yang saleh dan salehah sebagaimana dicontohkan dalam Alquran dan Al Hadis. Di antaranya ada doa yang berasal dari para Nabi ‘alaihimush sholaatu was salaam.

Baca juga: Angelina Sondakh Resmi Bebas, Ini Kisah Hijrahnya hingga Mantap Jadi Mualaf 

1. Doa Nabi Ibrahim ‘alaihissallam. Beliau berkata:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Robbi hablii minash shoolihiin. (Ya Rabbku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh." (QS Ash-Shaffaat: 100)

Ini adalah doa yang bisa dipanjatkan untuk meminta keturunan, terutama keturunan yang saleh/salehah.

Dalam kitab Zaadul Masiir (7/71) dijelaskan maksud ayat tersebut oleh Ibnul Jauzi rahimahullah, "Ya Rabbku, anugerahkanlah kepadaku anak yang saleh yang nanti termasuk jajaran orang-orang yang saleh."

Asy-Syaukani rahimahullah mengatakan apa yang dikatakan oleh para pakar tafsir, "Ya Rabb, anugerahkanlah kepadaku anak yang saleh yang termasuk jajaran orang-orang yang saleh, yang bisa makin menolongku taat pada-Mu."

2. Doa Nabi Zakariya ‘alaihissallam. Beliau berdoa:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

"Robbi hab lii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan, innaka samii’ud du’aa’ (Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mengdengar doa." (QS Ali Imran: 38)

Menurut Ibnu Katsir rahimahullah maksud doa ini adalah, "Ya Rabb anugerahkanlah kepadaku dari sisi-Mu keturunan yang thoyyib yaitu anak yang saleh. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa." (Tafsir Alquran Al ‘Azhim, 3/54)

Baca juga: Keutamaan Puasa Sunah di Bulan Syaban, Sangat Luar Biasa Besar, Sayang jika Dilewatkan 

3. Seseorang yang telah dewasa dan menginjak usia 40 tahun memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala:

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

"Robbi awzi’nii an asy-kuro ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa ‘ala walidayya wa an a’mala shoolihan tardhooh, wa ash-lihlii fii dzurriyatii, inni tubtu ilaika wa inni minal muslimiin (Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang berserah diri." (QS Al Ahqaf: 15) Do’a ini juga berisi permintaan kebaikan pada anak dan keturunan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. ‘Ibadurrahman (hamba Allah Yang Maha Pengasih) berdoa:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

"Robbanaa hab lanaa min azwajinaa wa dzurriyatinaa qurrota a’yun waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa (Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa." (QS Al Furqon: 74)

Al Qurtubhi rahimahullah berkata:

ليس شيء أقر لعين المؤمن من أن يرى زوجته وأولاده مطيعين لله عز وجل.

“Tidak ada sesuatu yang lebih menyejukkan mata seorang mukmin selain melihat istri dan keturunannya taat pada Allah ‘azza wa jalla." Perkataan semacam ini juga dikatakan oleh Al Hasan Al Bashri. (Tafsir Alquran Al ‘Azhim, 10/333)

Baca juga: Cuma Ngajak Makan Malam, Abu Nawas Bisa Sembuhkan Penyakit Temannya, Luar Biasa! 

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Kamis 3 Maret 2022M/30 Rajab 1443H 

5. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam pernah mendoakan anak Ummu Sulaim yaitu Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhuma dengan doa:

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ ، وَبَارِكْ لَهُ فِيمَا أَعْطَيْتَهُ

"Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang engkau karuniakan kepadanya." (HR Bukhari Nomor 6334 dan Muslim Nomor 2480). Dari sini seseorang bisa berdoa untuk meminta banyak keturunan yang saleh/salehah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي

"Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii (Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri)."

Semoga dengan lima doa tersebut, Allah Azza wa Jalla menganugerahkan kepada setiap Muslim keturunan yang saleh dan salehah. Aamiin Allahumma aamiin. Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini