Share

Jabodetabek Dilanda Angin Kencang, Baca Doa Ini agar Diberi Keselamatan oleh Allah Ta'ala

Hantoro, Jurnalis · Senin 07 Maret 2022 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 07 618 2557656 jabodetabek-dilanda-angin-kencang-baca-doa-ini-agar-diberi-keselamatan-oleh-allah-ta-ala-mNrmOn4Ub9.jpg Pohon beringin di Tangerang tumbang diterjang angin kencang. (Foto: Hambali/Okezone)
A A A

WILAYAH Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dilaporkan dilanda angin kencang dalam beberapa waktu mendatang. Potensi kemunculan angin kencang ini merupakan dinamika atmosfer terkini.

"Kondisi tersebut dipicu adanya pola sirkulasi siklonik di wilayah perairan Laut Timor yang membentuk pola pertemuan angin di wilayah Lampung, Banten, Jabodetabek, hingga wilayah Kalimantan bagian selatan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara; sehingga memicu terjadi potensi angin kencang di wilayah tersebut," jelas Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto dalam situs resmi BMKG.

Baca juga: Wanita Ini Dapat Azab saat Umrah, Tidak Sadar Telanjang dan Buang Air 

Nah, bagi kaum Muslimin ada doa yang bisa dipanjatkan ketika berembus angin kencang. Tujuannya supaya selalu mendapat perlindungan dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dikutip dari aplikasi Apa Doanya, berikut beberapa doa sahih sesuai hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang bisa dibaca ketika terjadi angin kencang.

Doa ketika Angin Ribut atau Bertiup Kencang 1:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا

Allaahumma innii as-aluka khoirohaa wa a'uudzu bika min syarrihaa.

"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan angin ini, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya." (HR Abu Dawud 4/326, Ibnu Majah 2/1228, dan lihatlah kitab Shahih Ibnu Majah 2/305. Sumber kitab Hisnul Muslim)

Baca juga: Viral Wanita Lepas Pakaian di Depan Kakbah, Dosa Apa yang Diperbuat? 

Doa ketika Angin Ribut atau Bertiup Kencang 2:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Allaahumma innii as-aluka khoirohaa, wa khoiro maa fiihaa, wa khoiro maa ursilat bihi, wa a'uudzu bika min syarrihaa, wa syarri maa fiihaa, wa syarri maa ursilat bih.

"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan angin (ribut ini), kebaikan apa yang di dalamnya dan kebaikan tujuan angin ini diembuskan. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan apa yang di dalamnya dan kejahatan tujuan angin ini diembuskan." (HR Muslim Nomor 899)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut riwayat dari Aisyah radliallahu 'anha bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam apabila melihat angin ribut, beliau membaca doa tersebut.

Hikmahnya adalah apa yang dilakukan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam tersebut menunjukkan betapa beliau adalah orang yang sangat takut kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Tersesat di Hutan, Abu Nawas Keluarkan Cara Unik Bisa Pulang, Teman-temannya Cuma Bisa Melongo! 

Baca juga: Sepanjang Maret 2022, Ratusan Jamaah Umrah Positif Covid-19 

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam berdoa dan memohon kepada Allah Azza wa Jalla ketika melihat fenomena alam yang mengkhawatirkan.

Tidak sebagaimana umumnya manusia sekarang, ketika melihat peristiwa alam yang aneh, mereka justru menikmati dan mengabadikannya dalam video, tanpa diiringi rasa takut kepada Allah Ta'ala.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini