Share

5 Fakta Wanita Berhijab Nikah di Gereja, Ada Konselor Pendamping 30 Pernikahan Beda Agama

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 614 2558825 5-fakta-wanita-berhijab-nikah-di-gereja-ada-konselor-pendamping-30-pernikahan-beda-agama-5nneoRjFrA.jpg Viral Muslimah nikah di gereja. (Foto: Instagram @underc0ver.id)
A A A

PUBLIK Tanah Air dihebohkan kabar viral pernikahan beda agama. Seorang wanita berhijab melangsungkan pernikahan di gereja kawasan Semarang, Jawa Tengah. Berdasarkan informasi yang beredar, Muslimah itu ikut pemberkatan di gereja.

Di balik peristiwa viral pernikahan beda agama tersebut, terdapat fakta-fakta yang penting diketahui. Apa saja? Berikut ini sebagaimana telah Okezone rangkum.

Baca juga: Viral Nikah Beda Agama di Semarang, Wanita Muslim Ikut Pemberkatan di Gereja 

1. Adanya konselor pernikahan beda agama

Diketahui terdapat konselor pernikahan beda agama Achmad Nucholis dalam peristiwa ini. Ia pun membenarkan adanya pernikahan beda agama tersebut.

"Iya betul kemarin Sabtu (5/3), saya menjadi saksi pernikahan beda agama tersebut," kata Nurcholis dalam unggahan di akun Instagram @underc0ver.id.

Nurcholis mengaku telah mendampingi pernikahan beda agama sebanyak 30 kali lebih. Ia mengatakan pasangan pernikahan beda agama di Kota Semarang ini bukan kali pertama yang ia dampingi.

2. Dilakukan di dua tempat

Achmad Nucholis mengungkapkan pernikahan beda agama ini dilakukan di dua tempat. Ia menerangkan bahwa akad nikah dilakukan di sebuah hotel di Kota Semarang. Kemudian dilanjutkan pemberkatan di Gereja St Ignatius Krapyak.

Baca juga: Ucap Bismillah, Martunis Putra Cristiano Ronaldo Lelang Jersey demi Bangun Pesantren di Aceh 

3. Konseling pernikahan sekira dua tahun

Achmad Nurcholis mengatakan pasangan beda agama tersebut telah melakukan konseling pernikahan yang cukup lama sekira dua tahun.

"Untuk bisa sampai ke pernikahan juga tidak mudah, pasangan tersebut menjalani proses cukup lama," ujarnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Haram pernikahan beda agama

Adapun hukum menikah bagi umat Islam dengan penganut agama lain adalah haram. Hal ini berdasarkan fatwa dari para ulama.

"Hukum menikah dengan agama lain menurut MUI sesuai fatwanya adalah haram, dan akad nikahnya otomatis tidak sah," tegas Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca juga: Viral Wanita Berhijab Nikah Beda Agama di Gereja, Begini Hukumnya Menurut Islam 

5. Dalil haramnya pernikahan beda agama

Dalil Alquran yang menjelaskan tentang permasalahan tersebut yaitu:

وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِينَ حَتَّى يُؤْمِنُوا وَلَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكٍ وَلَوْ أَعْجَبَكُمْ أُولَئِكَ يَدْعُونَ إِلَى النَّارِ

Artinya: "Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun Dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka,"( QS Al Baqarah: 221)

لَا هُنَّ حِلٌّ لَهُمْ وَلَا هُمْ يَحِلُّونَ لَهُنَّ

Artinya: "Mereka (wanita-wanita Muslimah) tiada halal bagi orang-orang non-Muslim itu dan orang-orang non-Muslim itu tiada halal pula bagi mereka." (QS Al Mumtahanah: 10)

Baca juga: Ini Respons Aa Gym Lihat Bocah Penjual Basreng Sedekah untuk Pesantren Daarut Tauhiid 

Dua ayat tersebut secara tegas menyatakan wanita Muslimah hukumnya haram menikah dengan orang yang bukan dari umat Islam. Sebab, Allah Subhanahu wa ta'ala meletakkan aturan dalam pernikahan adalah dalam rangka menjauhkan kerusakan dan kebuntuan dalam rumah tangga.

"Sebab dengan bercampurnya pemahaman yang berbeda dalam memahami subtansi dalam landasan beragama yakni Islam dalam hal ini Alquran dan hadis, maka niscaya kelak akan menciptakan perpecahan dan kehancuran," ungkap Ustadz Ainul Yaqin.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini