Share

Kemenkes: Sholat Tarawih Tahun Ini Mungkin Tidak Jaga Jarak Lagi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 614 2558951 kemenkes-sholat-tarawih-tahun-ini-mungkin-tidak-jaga-jarak-lagi-6OORPqdBcr.jpg Ilustrasi Sholat Tarawih. (Foto: Heru Haryono/Okezone)
A A A

SHOLAT Tarawih pada bulan Ramadhan tahun ini kemungkinan dilaksanakan tanpa aturan menjaga jarak. Artinya, jamaah bisa merapatkan lagi shafnya ketika menunaikan ibadah di bulan puasa tersebut.

"Di Ramadhan tahun ini mungkin jaga jarak saat Sholat Tarawih tidak dilakukan lagi," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers virtual pada Selasa 8 Maret 2022.

Baca juga: 5 Fakta Wanita Berhijab Nikah di Gereja, Ada Konselor Pendamping 30 Pernikahan Beda Agama 

Ia menerangkan upaya yang kemudian dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan tetap terjaga dengan baik adalah meminta jamaah Sholat Tarawih membawa alat ibadah masing-masing.

"Jadi, tetap patuh prokes dengan memastikan membawa sajadah sendiri-sendiri," jelas dr Siti Nadia.

Baca juga: Terungkap Identitas Bocah Penjual Basreng yang Sedekah Sembunyi-Sembunyi untuk Pesantren Aa Gym 

Dia melanjutkan, tren kasus covid-19 di Indonesia mengalami penurunan beberapa minggu terakhir. Tapi terkait pelonggaran ini, dr Siti Nadia memastikan belum ada kebijakan final, karena itu memakai masker masih menjadi langkah yang wajib dilakukan.

"Apakah pelonggaran jaga jarak saat Sholat Tarawih bisa diterapkan? Itu akan kami lihat lagi perkembangan kasusnya seperti apa. Apakah trennya terus menurun atau tidak? Kami berharap pandemi dapat dikendalikan," terang dr Siti Nadia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebelumnya, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban optimis pada Ramadhan tahun ini pandemi covid-19 bisa terkendali.

"Saya optimis kita bisa mengendalikan (pandemi covid-19) sebelum bulan Ramadhan," ungkapnya melalui unggahan di akun Twitter-nya belum lama ini.

Baca juga: Saudi Hapus Karantina dan PCR Jamaah Umrah, Kemenag Harap Ada Penyelarasan di Indonesia 

Baca juga: Benarkah Sholat Tahajud Bisa Selesaikan Semua Masalah? Ini Kata KH Asrorun Ni'am Sholeh 

Optimisme tersebut muncul karena tren kasus covid-19 memperlihatkan penurunan yang berarti dan ranking Indonesia secara global pun terus menurun.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini