Share

Dalil Ziarah Kubur, Ini Keutamaan Luar Biasa Mengetahuinya

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Senin 14 Maret 2022 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 14 330 2561110 dalil-ziarah-kubur-ini-keutamaan-luar-biasa-mengetahuinya-ZP3LPMGLFX.jpg Ilustrasi dalil ziarah kubur beserta keutamaannya. (Foto: Dok Okezone)
A A A

DALIL ziarah kubur hendaknya diketahui setiap Muslim. Ziarah kubur sendiri merupakan amalan yang sangat baik dilakukan oleh umat Islam.

Adapun dalil ziarah kubur berdasarkan beberapa hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Berikut ini dalil ziarah kubur yang perlu diketahui kaum Muslimin, sebagaimana telah MNC Portal rangkum.

Baca juga: Keutamaan Ziarah Kubur, Benarkah Sangat Dianjurkan Rasulullah? 

1. Hadis dari Buraidah

حديث بريدة قال : قال رسول الله صلى الله علية وسلم :"قد كنت نهيتكم عن زيارة القبور فقد أذن لمحمد في زيارة قبر أمه فزورها فإنها تذكر الآخرة"رواة الترمذي

"Hadis dari Buraidah ia berkata bahwa Rasulullah bersabda: 'Saya pernah melarang berziarah kubur. Tapi sekarang Muhammad telah diberi izin untuk berziarah ke makam ibunya. Maka sekarang berziarahlah karena hal itu dapat mengingatkan kamu kepada akhirat'."

Baca juga: Simak! Ini Larangan saat Ziarah Kubur, Nomor 4 Masih Sering Dilakukan 

2. Hadis Riwayat Muslim

إِنِّي كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمْ الْآخِرَةَ

"Dulu aku melarangmu melakukan ziarah kubur. Sekarang, lakukanlah ziarah kubur, karena akan mengingatkan kalian terhadap akhirat."

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini