Share

Humor Abu Nawas: Girang Banget Enggak Jadi Diangkat sebagai Hakim

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 19 Maret 2022 06:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 330 2564180 humor-abu-nawas-girang-banget-enggak-jadi-diangkat-sebagai-hakim-haArUsIgTR.jpg Ilustrasi humor Abu Nawas. (Foto: Istimewa/Matematrik/Sindonews)
A A A

HUMOR Abu Nawas bermula ketika suatu hari Raja Harun Al Rasyid mengadakan rapat dengan menteri-menterinya. Raja meminta pendapat terkait Abu Nawas yang hendak diangkat menjadi qadhi atau hakim.

"Apa pendapat kalian mengenai Abu Nawas yang hendak kuangkat sebagai qadhi?" tanya Baginda Raja kepada para menterinya, seperti dikutip dari nu.or.id, Sabtu (19/3/2022).

Baca juga: Humor Abu Nawas: Gampang Banget Bohongi Utusan Raja, Lempari Pasir Saja 

Wazir atau perdana menteri berkata, "Melihat keadaan Abu Nawas yang semakin parah otaknya, maka sebaiknya Tuanku mengangkat orang lain saja menjadi qadhi."

Pasalnya, Wazir beberapa kali mendapati tingkah laku tidak waras dari Abu Nawas. Menteri-menteri yang lain juga mengutarakan pendapat sama.

"Tuanku, Abu Nawas telah menjadi gila, karena itu dia tak layak menjadi qadhi," ungkap para menteri tersebut.

Baca juga: Aneh! Abu Nawas Bisa Bikin Panci Beranak, Pemiliknya pun Kegirangan 

"Baiklah, kita tunggu dulu sampai 21 hari, karena bapaknya baru saja wafat. Jika tidak sembuh-sembuh juga, bolehlah kita mencari qadhi yang lain saja," ujar Baginda Raja.

Usai 1 bulan lebih, Abu Nawas masih dianggap gila, maka Baginda Raja mengangkat orang lain menjadi qadhi atau hakim atau penghulu Kerajaan Baghdad.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Konon dalam suatu pertemuan besar, ada seseorang bernama Halan yang sejak lama berambisi menjadi qadhi. Halan memengaruhi orang-orang di sekitar Raja untuk menyetujui ia diangkat menjadi qadhi.

Baca juga: Disuruh Jadi Hakim, Abu Nawas Malah Pura-Pura Gila, Kenapa Ya? 

Sehingga saat Halan mengajukan diri menjadi qadhi, mudah saja Raja menyetujuinya. Begitu mendengar Halan diangkat menjadi qadhi, Abu Nawas mengucapkan syukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Alhamdulillah. Aku telah terlepas dari bala’ yang mengerikan. Tapi, sayang sekali kenapa harus Halan yang menjadi qadhi, kenapa tidak yang lain saja," tukas Abu Nawas mengucap syukur sekaligus penyesalan.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Abu Nawas Obati Raja yang Susah Tidur, Cuma Modal Cerita Semut Masuk Telinga 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini