Share

3 Keutamaan Sholawat Tarhim yang Bikin Takjub Pembalap Marcos Ramirez di Mandalika

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 614 2563657 3-keutamaan-sholawat-tarhim-yang-bikin-takjub-pembalap-marcos-ramirez-di-mandalika-1o491TDSAy.jpg Ilustrasi keutamaan sholawat tarhim. (Foto: Shutterstock)
A A A

BEREDAR video viral pembalap Moto2 Marcos Ramirez takjub mendengar sholawat tarhim dari masjid di sekitar Sirkuit Mandalika. Amalan salih ini memang kerap dikumandangkan pada pagi hari menjelang masuk waktu Sholat Subuh.

Sholawat tarhim sudah menjadi tradisi di Indonesia menjelang azan Sholat Subuh. Biasanya, sholawat tarhim dilantunkan agar kaum Muslimin bisa mempersiapkan diri untuk menunaikan sholat fajar tersebut.

Baca juga: Pembalap asal Spanyol Dengar Sholawat Tarhim di Masjid Area Sirkuit Mandalika, Begini Responsnya 

Pembalap Moto2 Marcos Ramirez takjub dengar sholawat tarhim. (Foto: @lambegp)

Baca juga: Humor Abu Nawas: Gampang Banget Bohongi Utusan Raja, Lempari Pasir Saja 

Sebagaimana telah Okezone himpun, adapun keutamaan sholawat tarhim di antaranya adalah (1) Pengingat beribadah seperti terjadi pada bulan Ramadan, (2) Mendapat syafaat atau pertolongan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ketika hari kiamat kelak, (3) Diangkat derajatnya oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Sholawat Tarhim diciptakan oleh Syekh Mahmud Khalil Al Husshari (1917–1980), seorang qari' ternama lulusan Al Azhar, Kairo, Mesir. Syekh Mahmud Khalil merupakan Ketua Jam’iyatul Qurra’ wal Huffadz (organisasi para penghafal Alquran) di Mesir.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dilansir Tebuireng.online, sholawat tarhim sampai Indonesia pada akhir tahun 1960-an. Saat itu Syekh Mahmud Al Husshari berkunjung ke Indonesia dan diminta merekam sholawat tarhim di Radio Lokananta, Solo.

Hasil rekaman tersebut kemudian disiarkan oleh Radio Lokananta dan Radio Yasmara (Yayasan Masjid Rahmat) Surabaya. Dari sinilah awal mula sholawat tarhim menjadi populer di Indonesia.

Tujuan melantunkan sholawat tarhim adalah membangunkan kaum Muslimin agar mempersiapkan diri untuk sahur, Sholat Subuh, atau membangunkan mereka yang ingin Sholat Tahajud.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 8 Sunah di Hari Jumat, Nomor 5 Bikin Cowok-Cowok Makin Ganteng 

Baca juga: Ini Cara Bayar Utang Puasa Ramadan jika Lupa Jumlahnya 

Pembalap Moto2 Marcos Ramirez. (Foto: @24marcosramirez)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini