Share

Nikmatnya Sup Halal Ukha Khas Rusia, Cocok untuk Hidangan Buka Puasa Ramadan

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 615 2564018 nikmatnya-sup-halal-ukha-khas-rusia-cocok-untuk-hidangan-buka-puasa-ramadan-zcSXVhB9NK.jpg Sup halal ukha khas Rusia. (Foto: Curiouscusiniere)
A A A

RUSIA tengah menjadi sorotan dunia dalam beberapa waktu belakangan. Ini terkait keputusan mereka melakukan operasi militer ke negara tetangganya Ukraina.

Tapi di luar dari konflik tersebut, ternyata terdapat hal menarik dari Rusia, yakni adanya kuliner sup halal ukha. Rasanya dilaporkan sangat nikmat, cocok dijadikan menu hidangan berbuka puasa Ramadan nanti.

Baca juga: Sejarah Sholawat Tarhim yang Bikin Pembalap Marcos Ramirez Kagum Mendengarnya 

Sup halal ukha khas Rusia. (Foto: Petersfoodadventures)

Ukha merupakan salah satu jenis sup ikan favorit masyarakat Rusia, terutama kaum Muslimin. Makanan halal ini cukup istimewa. Sup ikan satu ini rasanya gurih dan nikmat. Warna kuahnya bening kecoklatan, disertai potongan daging ikan.

Jenis ikan yang digunakan sebagai bahan dasarnya adalah ikan strugeon, salmoon, dan cod. Jadi kaum Muslimin bisa menyantapnya tanpa harus ragu-ragu.

"Dibuat oleh teman saya. Itu sangat lezat," ungkap salah satu pengguna Instagram Kristina Grigoyan @krist1us.

Baca juga: 3 Keutamaan Sholawat Tarhim yang Bikin Takjub Pembalap Marcos Ramirez di Mandalika 

Konon ukha sudah ada sejak abad ke-16. Diperkenalkan oleh nelayan-nelayan di Rusia yang sering memasak hasil tangkapannya menjadi sup.

Kudapan halal satu ini cocok dinikmati kapan saja. Seperti saat sarapan, makan siang, atau makan malam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Perlu diketahui bahwa ukha menjadi salah satu menu andalan yang sering dikonsumsi masyarakat Muslim di Rusia yaitu ketika berbuka puasa. Jadi saat akan memakan sup ini, tidak perlu diragukan lagi kehalalannya.

Jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, terbilang cukup mudah lho. Siapkan sekira 500 gram ikan yang telah disebutkan sebelumnya, kupas kulit dan tulangnya, sediakan air, bawang bombai diiris, wortel, kentang, dan daun salam.

Baca juga: Humor Abu Nawas: Gampang Banget Bohongi Utusan Raja, Lempari Pasir Saja 

Baca juga: 3 Amal Salih Berpahala Besar Menyambut Ramadan, Dikerjakan pada Akhir Syaban 

Kemudian untuk bumbunya sendiri cukup menggunakan garam dan lada hitam. Rebus semua bahan-bahan, tunggu hingga 20 menit.

Saat proses memasak hampir selesai, air akan keruh. Anda bisa menyaringnya untuk menghasilkan kuah bening. Supaya lebih nikmat dan memikat, tambahkan daun peterseli agar mengeluarkan aroma lebih harum. Selamat mencoba.

Sup halal ukha khas Rusia. (Foto: SBS)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini