Share

3 Amal Salih Berpahala Besar Menyambut Ramadan, Dikerjakan pada Akhir Syaban

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 08:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 616 2563631 3-amal-salih-berpahala-besar-menyambut-ramadan-dikerjakan-pada-akhir-syaban-CRKDJMSIpy.jpg Ilustrasi amal salih menyambut bulan Ramadan. (Foto: Thought.co)
A A A

TIDAK terasa umat Islam akan memasuki bulan Ramadan 1443H/2022M. Segala persiapan pun bisa dilakukan. Seperti mengerjakan amalan salih di akhir bulan Syaban ini.

Nah, amalan apa saja yang bisa dilakukan kaum Muslimin dalam menyambut serta mempersiapkan diri menuju bulan Ramadan tahun ini?

Baca juga: 8 Sunah di Hari Jumat, Nomor 5 Bikin Cowok-Cowok Makin Ganteng 

Dihimpun dari buku saku 'Sukses Ibadah Ramadan', dijelaskan bahwa umat Islam disarankan melakukan beberapa amalan sebelum akhirnya benar-benar merasakan Ramadan. Pengurus Pusat Lajnah Ta'lif Wan Nasyr (LTN PBNU) Ustadz Ma'ruf Khozin coba menjelaskannya melalui sebuah hadis berikut ini:

وَلَمَّا كَانَ شَعْبَانُ كَالْمُقَدِّمَةِ لِرَمَضَانَ شُرِعَ فِيْهِ مَا يُشْرَعُ فِي رَمَضَانَ مِنَ الصِّيَامِ وَقِرَاءَةِ الْقُرْآنِ

"Ketika Syaban seperti mukaddimah (pendahuluan) bagi Ramadan, maka disyariatkan di Syaban hal-hal yang disyariatkan di bulan Ramadan, seperti puasa dan baca Alquran." (Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathaif al-Ma’arif 1/138)

Baca juga: Humor Abu Nawas: Gampang Banget Bohongi Utusan Raja, Lempari Pasir Saja 

Selain itu, disarankan menyambut Ramadan dengan banyak beribadah dan sedekah. Seperti diterangkan dalam hadis berikut ini:

عَنْ أَنَسٍ قَالَ : كَانَ الْمُسْلِمُوْنَ إِذَا دَخَلَ شَعْبَانُ انْكَبُّوْا عَلَى اْلمصَاحِفِ فَقَرَؤُهَا وَأَخْرَجُوْا زَكَاةَ أَمْوَالِهِمْ تَقْوِيَّةً لِلضَّعِيْفِ وَالْمِسْكِيْنِ عَلَى صِيَامِ رَمَضَانَ

Artinya: "Diriwayatkan dari Anas, beliau berkata: 'Bahwa umat Islam ketika masuk bulan Syaban, maka senantiasa membaca Alquran dan mengeluarkan zakat hartanya, sebagai bantuan untuk orang miskin dalam menghadapi puasa'." (Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathaif al-Ma’arif 1/138)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Apa yang sudah dijelaskan tersebut dapat memberitahukan secara gamblang bahwa umat Islam ketika menjelang Ramadan bisa melakukan amal salih (1) membaca Alquran, (2) mengeluarkan zakat kepada fakir miskin, (3) membiasakan puasa sunah.

Semoga umat Islam bisa menjalankan amalan ini dengan sebaik-baiknya agar Ramadan tahun ini bisa dilalui dalam lindungan Allah SWT.

Wallahu a'lam bissawab.

Baca juga: Surat Yasin Ayat 1-83, Lengkap Arti dan Terjemahannya di Alquran Digital Okezone 

Baca juga: Bacaan Ayat Kursi Arab dan Latin, Lengkap Keutamaannya yang Luar Biasa Besar 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini