Share

Nasihat Ustadz Khalid Basalamah soal Pawang Hujan: Itu Dukun, Haram dalam Islam

Hantoro, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 330 2565203 nasihat-ustadz-khalid-basalamah-soal-pawang-hujan-itu-dukun-haram-dalam-islam-znSv1ZpW6j.jpg Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA memberi nasihat terkait hukum pawang hujan. (Foto: Dok YouTube Ammar TV)
A A A

GELARAN MotoGP Mandalika dihebohkan munculnya sosok pawang hujan bernama Rara Istiani Wulandari. Ia beraksi coba menghentikan hujan di gelaran kelas dunia pada hari Minggu itu, meskipun hujan tetap turun dengan sangat deras.

Melihat fenomena ini, Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA sebenarnya sudah lama memberikan nasihat terkait kemunculan pawang hujan. Ia mengatakan kaum Muslimin dilarang berhubungan dengan pawang hujan.

Baca juga: Heboh Pawang Hujan di MotoGP Mandalika, Buya Yahya: Haram Itu Dukun 

"Ini dukun, penyihir. Jangan dipanggil. Taruh telur di belakang rumah, taruh keris, taruh segala supaya enggak hujan. Buat jin yang jaga. Untuk apa? Ada acara, hujan. Biarin, akhi. Rahmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala," tegas Ustadz Khalid Basalamah dalam tayangan di kanal YouTube Belajar Mengenal Islam & Sunah.

Dirinya melanjutkan, dalam ajaran agama Islam, menggunakan jasa pawang hujan adalah haram hukumnya. Dosanya sangat besar.

Baca juga: Viral Pria Minta Hapus 300 Ayat Alquran, Buya Yahya Beri Jawaban Tegas dan Cerdas 

"Pasang tenda, masuk ke ruangan. Kalau hujan lebat, tunda hari lain. Jangan dipanggil pawang hujan. Ini dukun. Enggak boleh sama sekali, haram dalam Islam," terang Ustadz Khalid Basalamah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ia menerangkan, walaupun pawang hujan itu pakai bacaan-bacaan Alquran, jangan dipercaya. Terkait alam semesta, hendaknya memasrahkan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Walaupun mereka pakai bacaan-bacaan Alquran ya, jangan dipercaya. Paling sedikit itu tanam telur, taruh apalah batu kerikil sekian banyak, dan segala macam. Kurafat semuanya," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Masya Allah! 5 Artis Hollywood Ini Ternyata Beragama Islam, Tegaskan Bangga Jadi Muslim 

Baca juga: Viral Pria Minta Hapus 300 Ayat Alquran, Ustadz Yusuf Mansur: Kasih Kesempatan Polisi Memproses 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini