Share

Menag Yaqut: Tahun Ini Ada Pemberangkatan Jamaah Haji dari Luar Arab Saudi

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 614 2565053 menag-yaqut-tahun-ini-ada-pemberangkatan-jamaah-haji-dari-luar-arab-saudi-kwdnGoaWnW.jpg Menag Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Dok Kemenag)
A A A

MENTERI Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi untuk membahas pelaksanaan ibadah haji 1443H/2022M. Ia pun bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah. Pertemuan berlangsung di Kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Arab Saudi, Minggu 20 Maret.

"Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi. Saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jamaah haji tahun ini dari luar Saudi," ungkap Menag Yaqut di Jeddah, Senin (21/3/2022).

Baca juga: Mau Pergi Haji? Sekarang Bisa Daftar Online Lho, Ini Caranya 

Ia juga mendiskusikan kemungkinan jumlah kuota haji Indonesia dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi. Menag berharap Indonesia bisa mendapat kuota ideal seiring banyaknya jamaah yang sudah menunggu dan sangat rindu ibadah di Tanah Suci.

"Saya sampaikan bahwa mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal," tutur Menag.

"Saya tegaskan bahwa Indonesia siap melaksanakan haji dan memohon agar segera ada kepastian kuotanya," sambung dia.

Baca juga: Viral Pria Minta Hapus 300 Ayat Alquran, Buya Yahya Beri Jawaban Tegas dan Cerdas 

Menanggapi hal tersebut, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah menyampaikan bahwa pihaknya juga terus melakukan persiapan. Hal itu dilakukan karena Pemerintah Arab Saudi tahun ini akan membuka kesempatan jamaah luar Arab Saudi untuk beribadah haji.

Apalagi saat ini jamaah umrah dari berbagai negara juga sudah ramai berdatangan dan semua berjalan lancar.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Adapun terkait kuota, jelas dia, hal itu bukan keputusan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi saja. Proses pengambilan keputusan tentang kuota harus melibatkan instansi terkait lainnya di Kerajaan Arab Saudi.

Tawfiq F Al Rabiah juga menjelaskan bahwa jumlah kuota tidak akan sama seperti sebelum pandemi. Namun, Arab Saudi tahun ini siap menerima jamaah haji luar negeri dan persiapan terus dilakukan.

Baca juga: Masya Allah! 5 Artis Hollywood Ini Ternyata Beragama Islam, Tegaskan Bangga Jadi Muslim 

Kepastian terkait kuota haji ditunggu oleh semua negara pengirim jamaah, tidak hanya Indonesia. Selain Menag Yaqut, sejumlah menteri agama dari berbagai negara juga telah bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi untuk menanyakan hal yang sama, yaitu kuota.

Di antaranya adalah Menteri Hal Ehwal Ugama Malaysia, Menteri Agama Turki, Qatar, Tunisia, Etopia, Bangladesh, Mesir, Irak, Uni Emirat Arab, dan negara lainnya.

Baca juga: Heboh Pawang Hujan di MotoGP Mandalika, Buya Yahya: Haram Itu Dukun 

Kunjungan kerja Menag Yaqut ke Arab Saudi juga dalam rangka menghadiri Mu'tamar wa Ma'radl Khidamaatil-Hajj wal-'Umrah. Diselenggarakan Menteri Haji dan Umrah, Muktamar dan Pameran Internasional Haji dan Umrah yang berlangsung pada 21 Maret ini dihadiri para menteri agama dari berbagai negara, khususnya yang mengirim jemaah haji.

Wallahu a'lam bissawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini