Share

Terungkap! Masyarakat Jadikan Azan TV sebagai Acuan Buka Puasa Ramadan

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Kamis 24 Maret 2022 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 614 2567239 terungkap-masyarakat-jadikan-azan-tv-sebagai-acuan-buka-puasa-ramadan-fNvieyAeM1.jpg Ilustrasi azan magrib waktu berbuka puasa Ramadan. (Foto: Shutterstock)
A A A

BANYAK masyarakat yang menjadikan azan di televisi sebagai acuan untuk berbuka puasa di bulan Ramadan. Tentunya momen ini membuat jumlah pemirsa TV lebih banyak daripada biasanya.

Perubahan kebiasaan penonton selama 24 jam dalam sehari menjadi perhatian. Dalam jam-jam tertentu lebih tinggi, sedangkan saat jam tidur hanya segelintir penonton.

Baca juga: Berbanggalah Muslimin yang Puasa Senin Kamis, Keistimewaan Luar Biasa Besar Ini Akan Diraih 

Ada beberapa orang yang memang tidak biasa menonton TV. Namun ketika bulan Ramadan, banyak orang yang menjadi lebih sering menonton TV.

"Orang yang tadinya enggak biasa nonton TV, jadi nonton TV. Jadi memang ada orang yang kalau enggak Ramadan ya enggak nonton TV, tapi pada saat bulan Ramadan nonton TV," kata Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia Hellen Katherina dalam konferensi pers bertajuk 'Ramadan dalam Endemi, Mengulas Evolusi Ramadan di Era Normal dan New Normal', Kamis (24/3/2022).

Baca juga: Jelang Ramadan, 6 Hal Ini Wajib Dipersiapkan: Mulai Jiwa Raga hingga Dana 

Jam tayang saat sahur dan buka puasa adalah puncaknya pemirsa menonton TV. Dalam bulan puasa biasanya terjadi lonjakan pemirsa saat sahur yaitu di antara pukul 04.00 sampai 06.00.

"Bisa naik sampai tujuh kali lipat, bahkan lebih jumlah pemirsanya," papar dia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Begitu juga di periode jam buka puasa Ramadan, penonton TV menjadi lebih banyak karena menunggu saat azan. Banyak masyarakat yang berpatokan buka puasa dari azan di TV.

Baca juga: Humor Abu Nawas: Jawab 3 Pertanyaan Aneh tapi Harus Naik Takhta Dulu, Bisa Aja! 

Baca juga: Gadis Cantik Ini Jadi Mualaf Akibat Kisah Raja David, Tegaskan Islam Agama Sempurna 

"Karena banyak sekali orang yang berpatokan kepada beduk yang ada di TV untuk buka, jadi ini memang ditungguin sebagai patokan," tuturnya.

Sedangkan selepas buka puasa, yaitu saat sholat tarawih, pemirsa TV menurun. Setelah waktu sholat tarawih, pemirsa kembali lagi pada pola seperti biasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini