Share

Indonesia-Arab Saudi Gelar Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadis, Diikuti 250 Peserta

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 24 Maret 2022 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 614 2567416 indonesia-arab-saudi-gelar-musabaqah-hafalan-alquran-dan-hadis-diikuti-250-peserta-OhIS8lvGTh.jpg Ilustrasi Musabaqah Alquran dan Hadis. (Foto: Shutterstock)
A A A

INDONESIA dan Arab Saudi kembali bekerja sama menggelar Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadis (MHQH) Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su'ud Tingkat Nasional Ke-14. Kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini digelar di Jakarta.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama RI Kamaruddin Amin mengatakan musabaqah tahun ini diikuti 250 penghafal Alquran dan hadis dari 34 provinsi, pondok pesantren, serta lembaga keagamaan di Indonesia.

Baca juga: Bacaan Surat Yasin Ayat 1-83: Lengkap Keutamaannya, Arab, Terjemahan Bahasa Indonesia 

Selama tiga hari, mulai 22–25 Maret 2022, para peserta akan mengikuti musabaqah. Mereka dinilai oleh dewan juri yang berasal dari Indonesia dan Arab Saudi.

"Ini menjadi bukti baiknya kerja sama antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi," ungkap Kamaruddin saat Pembukaan MHQH Ke-14 di Jakarta, Selasa 22 Maret 2022.

"Musabaqah ini merupakan sarana mempererat persatuan dan kesatuan bangsa serta memperkukuh jalinan persahabatan kedua negara," lanjutnya, dikutip dari kemenag.go.id.

Baca juga: Alquran Surat Al Kahfi Lengkap 110 Ayat: Arab, Latin, Keutamaan Dibaca Setiap Malam Jumat 

Ia berharap musabaqah tingkat nasional yang dihelat tiap tahun ini menjadi sarana bagi masyarakat untuk mendekatkan diri terhadap Alquran. Dengan demikian, prinsip Alquran tentang pola hubungan manusia dengan Tuhan dan sesamanya akan makin mudah diamalkan dalam keseharian.

"Alquran dan Al Hadis mengajarkan prinsip-prinsip dan tata aturan kehidupan yang harus dijalankan oleh umat, tidak hanya terkait dengan hablum minallah (hubungan manusia dengan Allah), tetapi juga hablum minannaas (hubungan dengan sesama manusia)," terangnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini