Share

Yuk Perbanyak Baca Salawat Nabi di Hari Jumat, Ini Balasan Luar Biasa Besar yang Akan Diraih

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 25 Maret 2022 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 25 330 2567578 yuk-perbanyak-baca-salawat-nabi-di-hari-jumat-ini-balasan-luar-biasa-besar-yang-akan-diraih-YSVw07ZuER.jpg Ilustrasi memperbanyak baca salawat Nabi setiap hari Jumat berkah. (Foto: Shutterstock)
A A A

JUMAT adalah hari yang sangat istimewa bagi umat Islam dan dianjurkan memperbanyak ibadah. Salah satunya dengan membaca salawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Ada banyak salawat yang bisa diamalkan.

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan salawat merupakan suatu pengakuan cinta, pengikraran kasih, kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Salawat bukan sekadar bacaan, namun sebenarnya sangat luar biasa bagi yang mengetahui tujuan dan nilai di dalamnya.

Baca juga: Jumat Berkah, Yuk Kerjakan 8 Sunah Berpahala Sangat Besar Ini 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

"Membaca salawat dan melafalkan salawat Nabi memang salah satunya adalah mendoakan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Secara harfiah dan dhohir kalimatnya memang demikian. Padahal jika semua dimaknai dan dipahami dengan hati bersih, sesungguhnya salawat adalah energi cinta kepada sang pencinta Allah Subhanahu wa ta'ala, yakni Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam," ujarnya kepada MNC Portal.

Ia menambahkan, membaca salawat pada hari Jumat adalah sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Bagi Muslimin yang membaca salawat pada waktu tersebut, maka akan dekat dengan Rasulullah di akhirat kelak.

Baca juga: Ayat Kursi Lengkap Bacaan Arab, dan Latin, Arti, hingga Keutamaannya yang Sangat Besar 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

"Perbanyaklah salawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena salawat umatku akan diperlihatkan kepadaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak bersalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR Baihaqi dalam kitab Sunan Al Kubro)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menganjurkan memperbanyak membaca salawat pada hari Jumat. Dalam hadis lainya dijelaskan:

أَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَ الْجُمُعَةِ فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا

"Perbanyaklah membaca salawat kepadaku di hari dan malam Jumat. Barang siapa membaca salawat untuku satu kali, maka Allah membalasnya sepuluh kali." (Diriwayatkan Al Baihaqi dengan beberapa sanad yang baik/hasan)

Baca juga: Surat Al Kahfi Ayat 1-110, Lengkap Arti dan Terjemahan Indonesia 

Riwayat hadis yang lainnya terkait keutamaan membaca salawat pada hari Jumat, dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

"Barang siapa yang bersalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim Nomor 408)

Baca juga: Surat Yasin Ayat 1-83, Lengkap Arti dan Terjemahan Indonesia 

Bukan hanya sebagai bentuk kecintaan kepada kekasih Allah Subhanahu wa ta'ala yang paling dimuliakan ini. Melainkan, jaminan keistimewaan dalam hidup.

"Salawat adalah doa dan bait cinta kita kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang menyatukan seluruh dimensi kehidupan di semesta raya ini. Belum lagi jaminan atas keistimewaan salawat yang kelak akan diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala kepada umat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam," terangnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini