Share

Sudah Akhir Syaban, Yuk Kerjakan 4 Amalan Ini Menyambut Ramadan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 28 Maret 2022 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 330 2568914 sudah-akhir-syaban-yuk-kerjakan-4-amalan-ini-menyambut-ramadan-p7KAT982PC.jpg Ilustrasi amalan menyambut bulan Ramadan. (Foto: Shutterstock)
A A A

TINGGAL beberapa hari lagi kaum Muslimin memasuki bulan Ramadan 1443H/2022M. Segala persiapan pun terus dilakukan, mulai jiwa hingga raga.

Ada sebagian orang yang menyambut Ramadan dengan membayar utang puasa tahun lalu. Lalu menjalankan puasa sunah di bulan Syaban agar tubuh tidak kaget saat menjalankan puasa Ramadan sebulan penuh nantinya.

Namun sejatinya ada amalan apa saja yang bisa dilakukan dalam menyambut dan mempersiapkan diri menuju bulan Ramadan?

Dikutip dari 'Buku Saku Sukses Ibadah Ramadhan', diterangkan bahwa umat Islam disarankan melakukan beberapa amalan sebelum akhirnya benar-benar memasuki bulan Ramadan.

Pengurus Pusat Lajnah Ta'lif Wan Nasyr (LTN PBNU) Ustadz Ma'ruf Khozin coba menjelaskannya melalui sebuah hadis berikut ini:

وَلَمَّا كَانَ شَعْبَانُ كَالْمُقَدِّمَةِ لِرَمَضَانَ شُرِعَ فِيْهِ مَا يُشْرَعُ فِي رَمَضَانَ مِنَ الصِّيَامِ وَقِرَاءَةِ الْقُرْآنِ

Artinya: "Ketika Syaban seperti mukaddimah (pendahuluan) bagi Ramadan, maka disyariatkan di Syaban hal-hal yang disyariatkan di bulan Ramadan, seperti puasa dan baca Alquran." (Al Hafidz Ibnu Rajab al Hanbali, Lathaif al Ma’arif 1/138)

Selain itu, Ustadz Ma'ruf Khozin juga menyarankan untuk menyambut Ramadan dengan beribadah dan sedekah. Seperti diterangkan dalam hadis berikut ini:

عَنْ أَنَسٍ قَالَ : كَانَ الْمُسْلِمُوْنَ إِذَا دَخَلَ شَعْبَانُ انْكَبُّوْا عَلَى اْلمصَاحِفِ فَقَرَؤُهَا وَأَخْرَجُوْا زَكَاةَ أَمْوَالِهِمْ تَقْوِيَّةً لِلضَّعِيْفِ وَالْمِسْكِيْنِ عَلَى صِيَامِ رَمَضَانَ

Artinya: "Diriwayatkan dari Anas, beliau berkata: Bahwa umat Islam ketika masuk bulan Syaban, maka senantiasa membaca Alquran dan mengeluarkan zakat hartanya, sebagai bantuan untuk orang miskin dalam menghadapi puasa." (Al Hafidz Ibnu Rajab al Hanbali, Lathaif al-Ma’arif 1/138)

Apa yang sudah dijelaskan itu dapat menjelaskan dengan gamblang bahwa umat Islam ketika memasuki bulan Syaban senantiasa membaca Alquran serta mengeluarkan zakat kepada fakir miskin agar mereka mampu menghadapi puasa Ramadan. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara itu, dikarenakan saat ini sudah masuk minggu terakhir bulan Syaban, maka disarankan selain mengerjakan amalan tersebut, juga mengucapkan doa menyambut Ramadan. Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis dari Abu Ja’far Muhammad bin Ali:

"Jika bertemu dengan bulan Ramadan, Nabi Shallallahu alaihi wassallam berdoa:

اَللّٰهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْاِيْمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْاِسْلَامِ وَالْعَافِيَةِ الْمُجَلَّلَةِ وَدِفَاعِ الْأَسْقَامِ وَالْعَوْنِ عَلَى الصَّلَاةِ وَالصِّيَامِ وَتِلَاوَةِ الْقُرْآنِ

Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni wal imani was salamati wal Islami wal ‘afiyatil mujallalati wa difa’il asqomi wal ‘aini ‘alash sholati wash shiyami wa tilawatil qur’ani.

Artinya: "Ya Allah, pertemukan bulan ini dengan kami dalam keadaan aman, iman, keselamatan, Islam, sehat yang prima, kebal dari penyakit, dan pertolongan untuk sholat, puasa, dan membaca Alquran." (Al Hafidz Ibnu Asakir, Tarikh Dimasyqa 51/186)

Dari penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa setidaknya ada empat amalan yang bisa dilakukan kaum Muslimin dalam menyambut bulan Ramadan; yakni puasa, membaca Alquran, sedekah, hingga berdoa.

Semoga umat Islam bisa menjalankan amalan-amalan tersebut dengan sebaik-baiknya agar Ramadan tahun ini bisa dilalui dalam lindungan Allah Subhanahu wa ta'ala. Aamiin Allahumma aamiin. Wallahu a'lam bissawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini