Share

Tafsir Surat Al Baqarah Ayat 177, Terungkap Cara Meraih Cinta Allah Ta'ala

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 28 Maret 2022 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 330 2569225 tafsir-surat-al-baqarah-ayat-177-terungkap-cara-meraih-cinta-allah-ta-ala-AkmBiJWni8.jpg Ilustrasi tafsir Surat Al Baqarah Ayat 177. (Foto: Shutterstock)
A A A

SURAT Al Baqarah Ayat 177 memiliki isi kandungan mengenai kebaikan yang harus dilakukan sebagai seorang manusia yang beriman kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Tentunya melakukan kebaikan dan juga perintah Allah Ta'ala akan memberikan ketenangan jiwa serta keberkahan tersendiri.

Surat Al Baqarah yang merupakan surat kedua dalam Alquran setelah Al Fatihah ini menjadi yang terpanjang dan sarat makna. Sebagaimana ada dalam ayat 177 yang menjelaskan mengenai kebajikan.

Baca juga: Humor Abu Nawas: Minta Jodoh Cantik untuk Teman Ibunya, Bisa Aja! 

Baca juga: Simak Surat Yasin Ayat 1-83, Ketahui Faedah Sangat Besar Membacanya 

Berikut ini isi dan terjemahan dari Surat Al Baqarah Ayat 177:

لَّيْسَ ٱلْبِرَّ أَن تُوَلُّوا۟ وُجُوهَكُمْ قِبَلَ ٱلْمَشْرِقِ وَٱلْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ ٱلْبِرَّ مَنْ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةِ وَٱلْكِتَٰبِ وَٱلنَّبِيِّۦنَ وَءَاتَى ٱلْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِۦ ذَوِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينَ وَٱبْنَ ٱلسَّبِيلِ وَٱلسَّآئِلِينَ وَفِى ٱلرِّقَابِ وَأَقَامَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَى ٱلزَّكَوٰةَ وَٱلْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَٰهَدُوا۟ ۖ وَٱلصَّٰبِرِينَ فِى ٱلْبَأْسَآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَحِينَ ٱلْبَأْسِ ۗ أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ صَدَقُوا۟ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُتَّقُونَ

Artinya: "Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Adapun kandungan yang ada di dalam Surat Al Baqarah Ayat 177 adalah:

1. Kebajikan bukanlah sekadar menghadapkan wajahmu ke timur maupun ke barat, melainkan beriman kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan sungguh-sungguh dari dalam lubuk hati.

Baca juga: Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 275: Bahaya Riba Beserta Azab bagi Pelakunya 

2. Menegaskan bahwa kebajikan yang sempurna juga dilihat dari kesediaan seseorang dalam membantu orang lain yang kekurangan seperti fakir miskin, yatim piatu, ataupun musafir.

3. Ayat ini juga menerangkan mengenai orang yang menunaikan zakat sesuai ketentuan dan tidak menunda-nuda, serta orang yang menepati janji dan tidak pernah mengingkarinya, adalah orang yang dapat melakukan kebajikan dengan baik. Demikian pula dengan orang yang sabar dalam menerima cobaan hidup, seperti kemelaratan, penderitaan dan juga kesengsaraan.

Baca juga: Viral Mahasiswa Palestina Murka Dilarang Ajak Ibunya Wisuda: Beliau Lebih Besar dari Universitas Mana pun 

Orang-orang dengan sifat yang seperti itu adalah mereka yang dicintai Allah Subhanahu wa ta'ala berkat keimanan dan ketakwaannya. Demikian penjelasan mengenai kandungan Surat Al Baqarah Ayat 177. Semoga bermanfaat. Aamiin Allahumma aamiin. Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini