Share

Wajib Dihafal, Ini Doa Buka Puasa Ramadan Sesuai Sunah Nabi

Hantoro, Jurnalis · Senin 28 Maret 2022 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 618 2568879 wajib-dihafal-ini-doa-buka-puasa-ramadan-sesuai-sunah-nabi-tLuHzaZqBG.jpg Ilustrasi membaca doa buka puasa Ramadan sesuai sunah Nabi. (Foto: Freepik)
A A A

BULAN Ramadan 1443H/2022M tinggal beberapa hari. Kaum Muslimin pun beramai-ramai mempersiapkan jiwa dan raga untuk menjalani ibadah wajib puasa Ramadan. Salah satunya dengan menghafal doa buka puasa sesuai sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Dikutip dari Muslim.or.id, doa pertama buka puasa Ramadan yakni membaca Bismillah yang artinya "Dengan menyebut nama Allah". Doa kedua, sebagaimana tuntunan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Ibnu Umar Radhiallahu 'anhu berkata:

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

Artinya: "Biasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam jika berbuka Beliau berdoa: Dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah (Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah)." (HR Abu Daud Nomor 2357, An Nasa'i Nomor 3315, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud)

Info grafis anak puasa Ramadhan. (Foto: Okezone)

Terdapat makna yang sangat baik di balik doa berbuka puasa tersebut. Semua Muslim diajarkan selalu bersyukur karena masih bisa berpuasa sekaligus menikmati waktu berbuka saat azan Sholat Magrib berkumandang.

Berbuka puasa adalah salah satu waktu yang paling bahagia bagi umat Islam. Sebagaimana dijelaskan dalam riwayat hadis, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

للصائم فرحتان : فرحة عند فطره ، وفرحة عند لقاء ربه

Artinya: "Orang yang puasa mendapatkan dua kebahagiaan bahagia saat berbuka, dan bahagia saat bertemu dengan Rabb-nya." (Muttafaq 'alaihi)

Wallahu a'lam bishawab

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini