Share

Menikmati Kemegahan Masjid Istiqlal: Berkonsep Modern Tropis Cerminan Keragaman Indonesia

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 615 2569527 menikmati-kemegahan-masjid-istiqlal-berkonsep-modern-tropis-cerminan-keragaman-indonesia-faEcQwuf8F.jpg Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat. (Foto: Shutterstock)
A A A

MASJID Istiqlal merupakan salah satu masjid kebangaan bangsa Indonesia. Masjid megah ini menyimpan sejuta makna dan melambangkan keberagaman di Tanah Air. Masjid Istiqlal menjadi tempat ibadahnya kaum Muslim dari berbagai penjuru negeri, meski berlokasi di pusat Ibu Kota.

Friedrich Silaban menjadi sosok penting di balik kemegahan Masjid Istiqlal. Pria asal Sumatera Utara ini memenangkan sayembara arsitektur Masjid Istiqlal.

Baca juga: Humor Abu Nawas: Atasi Pembohong Pakai Cara Tanya Arah Jalan, Aneh Banget! 

Kepiawaiannya dalam merancang serta berfilosofi mampu menggambarkan keberagaman Indonesia dalam beragama, budaya, dan iklim. Semua itu ia tuang dalam desain Masjid Istiqlal.

"Terpilihlah Friedrich Silaban atau arsitek Indonesia kelahiran Sumatera Utara beragama Kristen Protestan. Desain Masjid Istiqlal dengan sandi ketuhanan," Kata Subbag Humas-Media Masjid Istiqlal Saparwadi saat berbincang dengan MNC Portal, Sabtu 26 Maret 2022.

Info grafis 44 tahun Masjid Istiqlal. (Foto: Okezone)

Masjid Istiqlal dibangun dengan model arsitek Modern-Tropis. Konsep modernnya mampu mengikuti perkembangan zaman. Dengan begitu, tidak perlu mengubah gaya atau desain asli. Bangunan Masjid Istiqlal pun tidak terlihat kuno atau jadul. Inilah alasan dasar Silaban mengonsepkan gaya modern.

Baca juga: Syekh Ali Jaber Ungkap Cara Istri Hadapi Suami yang Malas, Gampang Banget Lho! 

Sedangkan konsep tropis tentu disesuaikan dengan lokasi Masjid Istiqlal yang berdiri di Indonesia. Beriklim tropis sehingga mengedepankan konsep ramah lingkungan. Tanpa perlu banyak penerangan dan alat penyejuk (kipas angin atau AC), sudah mampu membuat Masjid Istiqlal begitu sejuk, sehingga membuat seluruh pengunjung enggan pergi.

"Mengikuti perkembangan zaman di mana Masjid Istiqlal ini hampir tidak ada yang jadul, sesuai dengan zamannya. Kemudian tropis yang mengandalkan lingkungan, tidak menggunakan jendela-pintu, sehingga udara itu bebas masuk," tambah Saparwadi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sejauh mata memandang, tidak ada ciri khas gaya Timur Tengah atau budaya tertentu yang diambil oleh arsitektur. Terkesan netral dengan menggabungkan keberagaman tanpa menghilangkan keaslian tempat ibadah agama Islam.

Baca juga: Ustadz Adi Hidayat Ajarkan Doa Menyambut Ramadan: Lengkap Bacaan Arab, Arti, Keutamaannya 

"Istiqlal ini agak modern, tidak mengambil aliran mana pun, dicampur semuanya. Sehingga agak unik, tidak menggunakan ornamen Timur Tengah, sebagaimana masjid biasa, tidak juga mengambil lokal seperti model-model di Indonesia," terang Saparwadi.

Sebagaimana diketahui, Masjid Istiqlal diresmikan pada tanggal 22 Febuari 1978 oleh Presiden Soekarno. Masjid Istiqlal dibangun dengan konsep yang menyatukan keberagaman di Tanah Air. Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Selasa 29 Maret 2022M/26 Syaban 1443H 

Masjid Istiqlal. (Foto: Melati Pratiwi/MNC Portal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini