Share

6 Simbol Sejarah di Masjid Istiqlal yang Belum Banyak Diketahui, Ada Tiang Bulan dan Bintang

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 615 2569718 6-simbol-sejarah-di-masjid-istiqlal-yang-belum-banyak-diketahui-ada-tiang-bulan-dan-bintang-5I8xiNWbo1.jpg Ilustrasi sejarah Masjid Istiqlal. (Foto: Kevi Laras/MNC Portal)
A A A

MASJID Istiqlal yang berada di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Gambir, Jakarta Pusat, selalu menarik perhatian semua orang. Masjid ini memiliki bangunan yang sangat megah serta sangat unik.

Masjid Istiqlal yang dirancang oleh arsitek asal Sumatera Utara bernama Friedrich Silaban. Ia memenangkan sayembara desain Masjid Istiqlal.

Baca juga: 5 Masjid Unik di Jakarta yang Menarik Didatangi Selama Ramadan, Menambah Semangat Beribadah 

Konsep desain bergaya "Modern Tropis" makin mengentalkan keunikan serta keistimewaan bangunan Masjid Istiqlal. Bagaimana tidak, desain modernnya tidak usang dimakan zaman.

"Mengikuti perkembangan zaman di mana Masjid Istiqlal ini hampir tidak ada yang jadul, sesuai zamannya. Kemudian tropis, mengandalkan lingkungan, tidak menggunakan jendela pintunya, sehingga udara itu bebas masuk," papar Subbag Humas-Media Masjid Istiqlal Saparwadi kepada MNC Portal, Sabtu 26 Maret 2022.

Info grafis 44 tahun Masjid Istiqlal. (Foto: Okezone)

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa konsep Tropis diselaraskan dengan iklim Indonesia. Bernuansa menyatu dengan alam, mampu dirasakan oleh panca-peraba, membuat sejumlah jamaah ingin berlama-lama. Bukan hanya beribadah, bersunda gurau dan merilekskan pikiran serta mendengar ceramah seusai sholat lima waktu.

Baca juga: Menikmati Kemegahan Masjid Istiqlal: Berkonsep Modern Tropis Cerminan Keragaman Indonesia 

Tidak terlalu banyak kipas angin, bahkan tidak menggunakan AC, sudah mampu membuat area sejuk dan nyaman bagi seluruh pengunjung. Mereka datang dengan penuh semangat untuk beribadah atau sekadar mampir untuk melihat kemegahan dan betapa istimewanya Masjid Istiqlal.

"Juga tidak perlu menggunakan banyak penerangan dan kipas angin. Udara bebas masuk dan bersih hal itu disebut tropis. Jadi, melambangkan wilayah Khatulistiwa," jelasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Diresmikan pada 22 Febuari 1978 oleh Presiden Soekarno, Masjid Istiqlal dibangun dengan konsep yang menyatukan keberagaman. Sangat jelas berbeda dengan masjid pada umumnya, unik karena tidak juga mengambil daerah atau budaya tertentu, namun tersirat akan makna keberagaman itu mampu disatukan.

Sebagaimana diketahui, untuk nilai sejarah terdapat simbol-simbol. Pertama, terdapat tiang bulan dan bintang yang tingginya 17 meter (tanggal kemerdekaan). Kedua, ada kubah kecil dengan ukuran diameter 8 meter melambangkan Agustus sebagai bulan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Humor Abu Nawas: Atasi Pembohong Pakai Cara Tanya Arah Jalan, Aneh Banget! 

Baca juga: Surat Yasin 83 Ayat: Arab, Arti Bahasa Indonesia, hingga Keutamaannya 

Ketiga, kubah besar di Masjid Istiqlal memiliki diameter 45 meter yang melambangkan tahun kemerdekaan 1945. Keempat, menaranya hanya satu melambangkan simbol "Ketuhanan Yang Maha Esa (Allah Subhanahu wa ta'ala)". Menara tersebut memiliki tinggi 6.666 sentimeter sesuai jumlah ayat dalam Alquran.

Kelima, di puncak menara itu ada stainles dengan tinggi 30 meter. Melambangkan jumlah juz dalam Alquran. Lalu keenam, filosofi lima lantai menjelaskan simbol dari Rukun Islam atau jumlah Pancasila.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini