Share

Ustadz Adi Hidayat Ajarkan Doa Menyambut Ramadan: Lengkap Bacaan Arab, Arti, Keutamaannya

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 618 2569515 ustadz-adi-hidayat-ajarkan-doa-menyambut-ramadan-lengkap-bacaan-arab-arti-keutamaannya-mkEItE8DTP.jpg Ustadz Adi Hidayat (UAH) ajarkan doa menyambut bulan Ramadan. (Foto: Dok YouTube Kajian Islam Podcast)
A A A

RAMADAN merupakan bulan istimewa yang selalu ditunggu-tunggu kaum Muslimin. Beragam ibadah yang dikerjakan mulai puasa, sholat tarawih, dan lain-lain akan terasa makin bermakna di bulan penuh berkah ini.

Selain menyiapkan fisik untuk menunaikan ibadah puasa, sudah sepatutnya umat Islam juga menjaga hati dan jiwa. Menjelang tibanya bulan Ramadan, ada doa yang bisa dipanjatkan.

Baca juga: UAS Beri Tips Ampuh Cegah Marah Selama Ramadan, Mudah Diterapkan Lho 

Ustadz Adi Hidayat Lc MA mengatakan doa itu berasal dari hadis riwayat Imam At-Tirmidzi Nomor 3451. Lantunan doa ini tidak lain berisi permohonan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala atas segala kebaikan di bulan Ramadan.

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ رَبِّى وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allahumma ahlilhu ‘alayna bilyumni wal iimaani was salaamati wal islaami. Robbii wa Robbukallah.

Artinya: "Ya Allah mohon hadirkan awal Ramadhan kepada kami dengan penuh ketenteraman dan dengan penuh kekuatan iman. Sehat dan selamat, dan dengan kekuatan Islam. Lakukan ini karena Tuhanku, dan Tuhanmu juga."

Baca juga: Niat Sholat Tarawih, Lengkap dengan Tata Cara hingga Doanya 

Mungkin seseorang merasa kurang tenteram saat menyambut bulan Ramadan atau kesehatan tidak begitu baik. Maka itu, sampaikanlah doa ini agar Allah Subhanahu wa ta'ala senantiasa memberikan rasa tenteram serta kesehatan selama menjalankan ibadah puasa.

Seperti diketahui, iman seseorang bisa jadi naik atau turun. Mungkin di awal puasa iman terasa begitu kuat, tapi tidak ada yang bisa menjamin kondisi itu akan bertahan terus-menerus hingga akhir bulan Ramadan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lagi-lagi, doa sangat dibutuhkan untuk membuat iman terus dikuatkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Anda perbanyak bacaannya, mintakan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, mudah-mudahan dengan membaca itu Allah Ta'ala memberikan taufik kepada kita," kata Ustadz Adi Hidayat dalam tayangan di kanal YouTube Cahaya Islami.

Sudahkah Anda membaca doa ini saat menanti kehadiran bulan Ramadan? Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala selalu melancarkan jalan bagi siapa pun hamba-Nya yang ikhlas menjalani puasa. Aamiin Allahumma aamiin. Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Humor Abu Nawas: Atasi Pembohong Pakai Cara Tanya Arah Jalan, Aneh Banget! 

Baca juga: Surat Yasin 83 Ayat: Arab, Arti Bahasa Indonesia, hingga Keutamaannya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini